Kawanua Pulang Kampung di Sonder Hadirkan Pagelaran Budaya Minahasa

Manadozone || Acara Kawanua Pulang Kampung yang digelar di Taman Wisata Toar Lumimuut Desa Sendangan, Kecamatan Sonder, Kamis (03/10) pagi, turut menampilkan pagelaran seni dan budaya khas Minahasa, yang juga dilombakan.

Pagelaran ini pun disaksikan langsung Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR), didampingi Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM (RD).

Pagelaran seni budaya Minahasa yang ditampilkan yakni Musik Kolintang, Tari Maengket, Musik Bambu, serta Kuliner khas Minahasa. Selain itu, ada juga Lomba Arung Jeram dan tari-tarian adat Minahasa lainnya.

Baca juga:   DP3A Kota Tomohon Gelar Training of Trainer

Bupati ROR pun kemudian meminta acara Kawanua Pulang Kampung yang digagas Kawanua Sedunia ini bisa dilaksanakan berkelanjutan.

“Acara ini sangat baik karena mengangkat budaya Minahasa. Semoga apa yang dilakukan ini akan mendorong eksistensi kegiatan-kegiatan yang bernuansa Minahasa, agar terus berkelanjutan,” kata Bupati ROR dalam sambutannya.

“Selamat berlomba kepada peserta lomba Musik Kolintang, Tari Maengket, Musik Bambu, Kuliner Makanan khas Minahasa dan Lomba Arung Jeram,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Kawanua Se-Dunia Australia Indra Rondouwu mengatakan, dipilihnya Sonder sebagai lokasi kegiatan diarenakan wilayah ini punya banyak potensi wisata.

Baca juga:   Tim Anti Bandit Polres Tomohon Mengamankan Pelaku Pengancaman dan Perusakan di Kolongan Tomohon Tengah

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Kawanua Se-Dunia Lucy Rumantir
memaparkan secara singkat tentang organisasi, kemudian menyampaikan niat agar ada Wisma Kawanua di USA. Terkait pengelolaannya nanti, dirinya mengusulkan menggunakan sistem bagi hasil dengan Pemprov atau Kabupaten/Kota, sebagaimana persentase jumlah investasi dari total nilai dana yang dibutuhkan.

“Kami yakin hal ini bisa memberi dampak positif dalam pengembangan seni budaya serta mempromosikan Minahasa ke luar daerah bahkan luar negeri,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Kawanua Se-Dunia Amerika selaku Ketua Panitia Pusat Henky Rumagit, Ketua Kawanua Se-Dunia Indonesia Renny Rorong, Mewakili Gubernur Sulut, Kepala Dinas Pariwisata Sulut Ferry Sangian SSos MAP, Wakil Bupati Minsel Franky Doni Wongkar SH, mewakili Walikota Tomohon Kaban Kesabangpol Drs Ronny Lumowa MSi, GM Citraland Winangun Manado Sofian Khabid dan Plh Kajari Minahasa Fien Ering SH MH.

Baca juga:   DPRD Bolmong Gelar Paripurna Pembicaraan Tingkat II Penetapan Ranperda LPJ APBD 2020

(ToarS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *