Pemkot Tomohon Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam

Berita Utama, Tomohon588 Dilihat

Manadozone||Tomohon – Wali kota Tomohon Jimmy Feidie Eman diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata, bertempat di Wise Hotel Tomohon, Selasa (01/10/2019).

Dalam sambutan Walikota, dibacakan Lolowang dikatakan ketersediaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan kepariwisataan seperti akomodasi pariwisata yang representatif (hotel, cottage dan homestay) dan infrastruktur yang menunjang aksesibilitas obyek wisata alam, budaya dan religi sebagai faktor pendorong pertumbuhan kegiatan kepariwisataan di kota bunga ini menjadi bukti concern dan komitmen pemerintah Kota Tomohon dalam kapasitasnya sebagai regulator yang menentukan arah kebjakan pembangunan Kota Tomohon yang terstruktur.

Baca juga:   Bagian Pemerintahan Pemkot Tomohon Gelar Rakor Lingkup Keasistenan Kesra

Lolowang menegaskan, saat ini semua bidang dapat diduplikasi namun ada satu bidang yang tak dapat diduplikasi yakni pariwisata, karena anda harus mengunjugi tempat tersebut untuk melihat dan menikmati tempat tersebut secara langsung, jadi tak bisa diduplikasi. Karena usaha dan kegiatan pariwisata dapat berlangsung seumur hidup.

“Pemandu wisata adalah pekerjaan dan profesi yang menggabungkan hobbi, keahlian dan kesenangan dengan efek ganda bagi perekonomian sehingga dapat berlangsung seumur hidup.” ujar Lolowang.

Lolowang berharap, dengan adanya kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam di Kota Tomohon agar dapat menjadi sinkronisasi kinerja para pemangku kepentingan dalam meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai primary tourism destination yang kompetitif di kawasan indonesia timur secara khusus dan Indonesia secara keseluruhan. Kata Lolowang.

Baca juga:   Pemkot Tomohon Gelar Upacara Dalam Rangka Hari Guru Nasional Tahun 2018

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pijoh, S.Sos membacakan laporan kegiatan : peserta pelatihan 50 orang, peserta mendapatkan sertifikat pelatihan dan menjadi pemandu wisata pemula untuk nantinya bergabung dalam wadah Himpunan Pemandu Wisata Indonesia ( HPI ) Tomohon.

HPI berkomitmen majukan pariwisata di Sulut dan Kota Tomohon khususnya kata Wakil ketua HPI Tomohon Djufry Rorong S Sos. Karena Tomohon menjadi tujuan utama untuk wisata pengamatan burung langkah yakni di seputaran gunung mahawu serta wisata gunung api dan wisata alam lainnya yang hanya dimiliki Tomohon.

Baca juga:   Tomohon Raih Penghargaan Peringkat Ke-III Pembangunan Daerah Propinsi Sulut Tahun 2018

Kegiatan ini, hadir sebagai narasumber Merry Karowan, SE (Ketua ASITA Sulut),  Ketua ASPPI Sulut Jefry Rompis, Roy Koleangan, BA SE (Ketua HPI Sulut), Jotje Lala, BSc (Ketua DPC HPI Tomohon).  (RH/JP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *