Walikota Eman : Kebudayaan Sebagai Asset Yang Penting

Berita Utama, Tomohon625 Dilihat

Manadozone||Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, Se.Ak diwakili Sekretaris Daerah Ir. H.V. Lolowang, M.Sc menghadiri kegiatan Seminar Peningkatan Kapasitas Budaya Daerah, dilaksanakan di Hotel Wise Tomohon, 19/7/19.

Dalam sambutan Walikota yang bacakan Lolowang, mengatakan masyarakat Tomohon memiliki tradisi dan kearifan lokal budaya yang sangat kaya dan hidup. Kedua hal tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan kebudayaan.

Kebudayaan harus dianggap sebagai asset penting yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah. ujar Lolowang.

“Masyarakat tomohon hanya dapat menjadi masyarakat yang besar apabila mampu mewujudnyatakan kebudayaan ke dalam pembangunan daerah.” Ujar Lolowang.

Baca juga:   Pemkot Tomohon Terima Kunjungan dari Kemenko PMK RI

Kebudayaan daerah menghadapi tantangan yaitu ketika kekuatan budaya lokal, kearifan lokal, nilai-nilai tradisional dianggap tidak lagi relevan hingga mulai diabaikan oleh pelaku budayanya.

Diperlukan sebuah terobosan yang baru dari pelaku budaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal yang ada agar tidak terbawa arus globalisasi.

Pemkot Tomohon melalui Dinas Dikda Kota Tomohon bersama Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya melaksanakan seminar Nasional untuk membahas budaya lokal yang ada di kota tomohon sebagai upaya peningkatan kapasitas budaya lokal yang dimiliki oleh masyarakat kota tomohon.

Baca juga:   Panitia Penyelenggara Matangkan Tournament Kajati Cup Sulut ke-2

Pemkot Tomohon memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya yang telah memberikan kesempatan kepada pemkot tomohon dalam hal ini Dinas Dikda untuk melaksanakan kegiatan ini.

Hadir pada kegiatan ini, kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes. M.Si, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  DR. Madjmuddin Ramly, M.Si, para tokoh-tokoh pemerhati budaya dan akademisi di Kota Tomohon serta undangan.(RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *