Pembinaan Organisasi Kepemudaan Kota Tomohon

Manadozone||Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak., diwakili Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Djoike Karouw, MSi membuka sekaligus menjadi pemateri dalam kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan Kota Tomohon tahun 2019, bertempat di Aula Kristianitas Tomohon, Rabu (10/04/2019).

Dalam sambutannya, Karouw menagtakan organisasi kepemudaan adalah wadah pengembangan potensi pemuda, pembangunan kepemudaan dilaksanakan dalam bentuk pelayanan kepemudaan.

Dijelaskannya, mencermati posisi strategis pembangunan kepemudaan dalam konteks keberlangsungan suatu bangsa dan sejalan dengan tantangan kepemudaan dalam realitas kehidupan sosial politik maka peningkatan kwalitas pemuda sebagai sumber daya manusia yang sarat dengan keunggulan kapasitas dalam berbagai aspek kehidupan, maka tugas dan tanggung jawab membangun kepemudaan yang bentuknya adalah pelayanan kepemudaan perlu persiapan dengan matang, sistematis, berkesinambungan dan dilaksanakan secara bertanggung jawab, difasilitasi oleh pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan atau organisasi kepemudaan yang dilaksanakan melalui pendidikan, pelatihan, pengkaderan, pembimbingan, pendampingan dan atau forum kepemimpinan pemuda.

Baca juga:   Walikota Eman Pemilu 2019 Nanti Kota Tomohon Agar Sudah memiliki KTP-el 100%

Lanjut Karouw, tugas dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagaimana dalam pasal 45 UU Nomor 40 Tahun 2009 adalah memfasilitasi organisasi kepemudaan untuk mempersiapkan generasi pewaris dan penerus pembangunan bangsa dan mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Ditambahkannya, , sehubungan dengan tugas dimaksud maka pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga melaksanakan kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan dalam rangka peningkatan peran serta kepemudaan dalam pembangunan kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan. Ujar Karouw.

 

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kota Tomohon Drs Ventje Karundeng menjelaskan bahwa pembangunan kepemudaan bertujuan untuk terwujudnya pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Maha Esa, berahlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia hal tersebut sesuai yang di amanatkan dalam UU Republik Indonesia No 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan khususnya Pasal 3.

Baca juga:   Dolly Tampemawa : Memperjuangkan Aspirasi Petani Motivasi Saya Bertarung di Pileg 2019 Nanti

 

Hadir sebagai pemateri Christo B. Eman, SE yang juga merupakan Ketua AMPG Kota Tomohon, DR Valentino Lumowa yang merupakan Dosen Filsafat Unika Della Sale Manado, Toar Pangkey, ST,.MT yang merupakan Ketua Forum Pelita Kota Tomohon serta Dosen di Fatek Unima. (RH/Rdk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *