Sekda Bolmut Buka Bimtek Penyusunan LAKIP dan Road MAP

BOLMUT, manadozone.com — Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) dan Road Map Reformasi Birokrasi yang bertempat Hotel Peninsula Manado.

Bupati Bolmut melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa untuk memenuhi tuntutan akan pembaharuan dan perubahan mendasar tatanan Pemerintahan, saat ini secara Nasional sedang dibangun dan diterapkan agenda Reformasi Birokrasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan publik.

Dimana pelaksanaannya diamanatkan pada Peraturan Presiden No. 81 Tahun 2010, serta petunjuk pelaksanaannya yang lebih dikonkritkan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.

Baca juga:   Kodim 1302/Minahasa Gelar Roling Jabatan

Agenda Reformasi Birokrasi juga meliputi program penguatan akuntabilitas kinerja yang disandingkan dengan pengembangan sistem manajemen kinerja organisasi dan kewajiban untuk menyusun Indikator Kinerja Utama sebagai alat ukur.

Diharapkan ke depan untuk bertekad secara bertahap Perangkat Daerah di Bolmut tidak lagi rebdah tingkat akuntabilitas atau tidak jelas kinerjanya.
“Kita harus merubah Paradigma, yang lebih penting kinerja apa yang dihasilkan dan dipertanggungjawabkan pada akhir periode. Fokus kita harus pada manfaat”.

Ditekankan pula kualitas informasi dalam LKIP sangat tergantung dari perencanaan strategis, penetapan kinerja, dan pengukuran kinerja yang dibangun dalam instansi. Penerapan secars utuh tergantung pada komitmen dan keseriusan dari semua pihak.

Baca juga:   Pemkot Tomohon Dukung Pelaksanaan Operasi Zebra Samrat 2022

Sebelumnya, Kepala Bidang penyiapan dan perumusan kebijakan dan pengawasan Kementerian PAN RB Nadjamudin Mointang berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik, terutama dalam upaya perbaikan kinerja pemerintah dan pengelolaan anggaran yang lebih berorientasi terhadap hasil.

Dikatakan, Kementerian PAN RB berkewajiban memberikan pendampingan dan intervensi terhadap Pemerintah Daerah yang berkomitmen untuk memperbaiki kinerja instansi Pemerintahannya.

Turut hadir Kepala Bagian Organisasi Setda Abd. Muttoh Dg. Mulisa, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Samidin Korompot, S.STP, M.Si, dan para peserta utusan OPD.

Baca juga:   HUT ke-151 Jemaat GMIM Imanuel Walian, Eman Berharap Jemaat Ikut Warnai Proses Pemmbangunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *