by

Hadiri Rakorev 2018, Wabup Bolmut Paparkan Pembangunan Daerah

BOLMUT, manadozone.com — Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kamis (21/02/19) memaparkan pembangunan daerah, pada kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan dan Evaluasi (Rakorev) hasil Pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten/Kota Tahun 2018 se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang betempat di Graha Novotel Convention Center Manado.

Dalam Rakorev 2018 tersebut, Wakil Bupati Bolmut, Drs Hi Amin Lasena, memaparkan berbagai permasalahan terkait Pembangunan Daerah. Salah satunya terkait dengan masih banyaknya, lulusan SMA/SMK sederajat yang tidak melanjutkan ke jenjang Pendidikan Tinggi.

Baca juga:   Bapelitbangda Tomohon Hadiri Rapat Bersama Tim Pansus LKPJ Walikota

“Tingginya angka Putus Sekolah jenjang SD dan SMP yang disebabkan faktor ekonomi, Investasi yang mendorong perekonomian masih didominasi oleh Investasi Pemerintah sehingga sangat rentan terhadap kebijakan fiscal dan moneter,” kata Wabup Bolmut, Drs Hi Amin Lasena.

Lanjut Amin, selain itu, Indek Pembangunan Manusia masih pada klasifikasi sedang, yang diakibatkan masih rendahnya derajat kesehatan dan perbaikan infrastruktur jalan dan irigasi yang menjadi kewenangan Provinsi.

“Untuk menghadapi permasalahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bolmut memiliki strategi sebagai solusi pemecahan masalah, diantaranya mendorong kerjasama dengan Universitas Negeri Gorontalo untuk membuka Program Studi di luar domisili Kampus Utama (PSDKU) di Bolmut,” tambah Wakil Bupati Bolmut.

Baca juga:   Dinilai Tidak Sesuai Aturan, Bawaslu Kotamobagu Tertibkan APK

Lebih lanjut lagi dikatakan Wabup Bolmut, Optimalisasi bantuan Jaminan Pendidikan melalui penerapan Kartu IDEAL, itu menjadi langkah utama guna mendorong minat masuknya investasi swasta melalui pemberian intensif non fiscal.

“Kemudahan perizinan, keamanan dan kenyamanan investasi, peningkatan saranan , prasarana penunjang RSUD seperti rekruimen tenaga medis, kesehatan, dan peningkatan sarana, prasarana dan sumber daya pertanian dan perikanan, target utama.” Terang Wabup Bolmut, Drs Hi Amin Lasena.

Nampak hadir dalam rakorev 2018, Wakil Gubernur Sulut Steven O. E. Kandouw, para Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen, SE. MS., Perwakilan OJK dan Bank Indonesia, Forkopimda dan instansi vertikal serta pejabat Struktural Pemprov Sulut.

Baca juga:   Cegah Klaster Baru Covid-19, Polda Sulut Imbau Masyarakat Tidak Mudik Lebaran

(PtB)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed