ROR: Festivel Danau Tondano Kiranya Dapat Tarik Wisatawan

Manadozone || Tondano – Bupati Mianahasa Ir. Royke Oktavian Roring, MSi Resmi membuka Festival Danau Tondano yang di gelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, Jumat 09/11/18 di Kawasan Wisata Budaya Benteng Moraya.

Kegiatan ini di awali senam Minahasa Hebat yang turut dihadiri Wakil bupati Robby Dondokambey, SSi, Ketua TP PKK Minahasa Dra. Fenny Roring wakil TP PKK Martina Dondokambey Lengkon, Forkopimda Minahasa, Sekda Jeffry Korengkeng, perwakilan dari kementerian pariwisata RI, tamu dan undangan lainya.

Bupati ROR dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang sudah menggelar kegiatan ini. Bupati ROR pun menghimbau kepada SKPD untuk berperan aktif dan berharap untuk mempersiapkan lebih sempurna lagi kegiatan kegiatan yang dilakukan. Kedepan festival Danau Tondano ini akan di buat lebih semarak lagi, ini dilakukan untuk mesukseskan Wonderful Indonesia dimana kegiatan kita tentu untuk menarik kunjungan wisatawan.

Baca juga:   ROR Akan Lakukan Ini di Tahun 2019

“Bagaimana kita memanfaatkan momontum ini dengan  baik agar banyak wisatawan asing terutama yang dari Tiongkok dan dari berbagai negara berkunjung di Minahasa. Nah tentu kita bagaimana menawarkan berbagai aktifitas budaya kita untuk kiranya menarik wisatawan yang masuk ke Manado juga mereka akan masuk ke Minahasa,” ungkapnya.

Bupati ROR menghimbau kepada Kepala Dinas dan seluruh perangkat untuk kita mengemas berbagai kegiatan baik itu budaya atau destinasi budaya karena  Minahasa begitu lengkap dengan berbagai budaya yang ada, dikaitkan dengan lokasi lokasi pariwisata yang tidak dipunyai oleh kabupaten kota lainnya.

“Kita punya Danau Tondano, kita punya pantai timur, pantai barat yang lengkap, artinya dari sisi pariwisata laut kita ada, dari sisi pariwisata danau kita ada, dari sisi pariwisata alam pun kita ada artinya kita lengkap. Oleh karena itu mari kita gali, kita kemas dan tawarkan kepada baik wisatawan asing atau wisatawan lokal yang banyak berkunjung di sulut,” papar ROR sambil menghimbau kepada seluruh SKPD di tahun 2019 untuk berusaha mengadakan minimal satu kegiatan yang dilaksanakan di Minahasa baik itu skala nasional maupun skala internasional. Ini adalah satu tantangan bagi kita apa lagi kita diuntungakn dengan cuaca yang sejuk,” ucap Bupati

Baca juga:   HUT Minahasa ke-590, ROR: Kiranya Momen Ini Bisa Tingkatkan Perekonomian

Selanjutnya laporan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Agustivo Tumundo, SE, MSi menyampaikan bahwa Festival Danau Tondano ini sudah menjadi agenda tahunan Pemkab Minahasa dengan menggelar berbagai kegiatan yaitu, Lomba Kolintang yang memperebutkan Trophy Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi untuk kategori Pelajar, dan Trophy Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Irjen Pol Dr Ronny F Sompie MH dan Wakil Ketua Umum KKK Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu untuk kategori umum, dengan hadiah uang tunai sejumlah Rp35 Juta.

Baca juga:   Dibuka Bupati Minahasa, 58 Peserta Perebutkan Gelar WWM 2018

Disamping itu, menurut Tumundo akan dilakukan juga Lomba Memancing Ikan Danau Tondano di Kolam Benteng Moraya memperebutkan Trophy Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa.

Dilanjutkan Tumundo kegiatan ini menampilkan Pergelaran Seni dan Budaya Minahasa, kemudian Pentas Musik Danau Tondano dengan menampilkan grup vokal Bassgilano Revolution, artis Melly Pungus dan artis Stand Up Comedy Jobe.

Lomba Musik Kolintang tiap regu akan membawakan lagu wajib “Mars Minahasa” dalam bentuk instrumentalia, dan lagu bebas non asmara dengan vokalis.(Toar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *