by

ADVETORIAL: DPRD Minahasa Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Hari Jadi Minahasa ke-590

Manadozone || Tondano-Kegiatan dalam rangkan memperingati Hari Jadi Minahasa ke-590 tahun 2018, dimulai dengan kegiatan jalan sehat yang dilepas Sekda Minahasa Jefry R Korengkeng SH M.Si pada Jumat (26/10/2018), yang diikuti oleh jajaran Pemkab Minahasa bersama dengan sejumlah elemen masyarakat.

Sebelumnya pada 16 Oktober 2018, Bupati Ir Royke O Roring M.Si dan Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si, melakukan ziarah ke makam mantan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa. Esoknya dilaksanakan pawai pembangunan yang dilepas oleh Gubernur Sulu Olly Dondokambey SE. Berbagai potensi ditampilkan dalam pawai tersebut. Menariknya pawai tersebut dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Angkatan Laut RI.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Minahasa Expo 2018 pada Sabtu (27/10/2018) di Stadion Maesa Tondano. Di Minahasa Expo berbagai potensi sumber daya alam Minahasa ditampilkan.Kegiatan berikutnya pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa 2018. Dan pada Senin 5 November 2018, digelar Upacara Bendera Hari Jadi Minahasa ke-590 di Taman Kota Tondano (God Bless Minahasa).

Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si yang bertindak selaku inspektur upacara, dalam sambutannya mengatakan momentum HUT Minahasa ke-590 ini kiranya kita tetap mengedepankan integritas dan loyalitas agar bisa meraih prestasi.

Baca juga:   Jalin Silahturahmi, Pemkot Tomohon Buka Puasa Bersama Umat Muslim

 

“Semoga Tuhan Yang Kuasa akan menyertai kita semua dalam setiap tugas dan karya kita untuk membangun Minahasa. Dirgahayu Kabupaten Minahasa ke-590,” ujar Bupati.
Sejarah Tou Minahasa dari masa ke masa yang telah mengabdikan dirinya untuk daerah tercinta, sehingga Minahasa kian menunjukkan kemajuan yang pesat, kini menjadi tanggung jawab untuk berkontribusi bagi masyarakat Minahasa dan pembangunan Minahasa di berbagai bidang.

“Saya minta agar semua jajaran Pemkab untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sebab hal itu merupakan prioritas dan diatas segalanya. Pelayanan kepada masyarakat jangan dipersulit, dan tetap mengacu pada undang-undang serta aturan yang berlaku, “‘tukas Bupati.

Ke depan dalam penempatan pejabat akan dilakukan dengan prinsip The Rigth Men In The Right Place untuk Minahasa yang hebat.

“Pejabat yang akan ditetapkan merupakan pejabat yang punya kemampuan dan komitmen demi Minahasa hebat,” paparnya.

Usai upacara, dilanjutkan Rapat Paripurna DPRD Minahasa yang digelar di Wale NeTou Minahasa Tondano.

Bupati Royke O Roring (ROR), dalam sambutannya di rapat paripurna mengatakan Danau Tondano menyimpan sejuta potensi, makanya menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Danau Tondano harus dikembangkan sebab itu akan berimbas pada berbagai sektor, diantaranya sektor pariwisata, perikanan dan lainnya.

Baca juga:   DPC Partai Demokrat Bolmut Sebut KLB Hasilkan Ketum Ilegal

“Saat ini Danau Tondano terus alami pendangkalan dan penyempitan danau. Makanya persoalan Danau Tondano menjadi fokus kami, mengingat juga Danau Tondano masuk dalam 15 danau prioritas yang masuk RPJM Nasional,” ujar Bupati.

Karena itu, kedepan kata Bupati akan dibuat Peraturan Daerah (Perda) Zonasi Danau, dengan tujuan agar pemerintah memiliki pijakan dalam mengambil kebijakan dalam penyelamatan Danau Tondano.

Lanjutnya, tahun 2019 diperhadapkan pada Pemilu, dan tahapan ini sementara dimulai, karena itu Bupati mengajak masyarakat Minahasa untuk jaga persatuan dan persaudaraan.

Sementara Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O Kandouw, mengatakan kiranya momentum ini akan menjadi kontemplasi untuk Minahasa yang lebih baik.

“Harus ada evaluasi perihal perihal apa yang perlu ditingkatkan supaya program bisa terarah dan terealisasi dengan baik. Dan yang terpenting adalah memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Kandouw.

Hadiri dalam paripurna yang diangkat Ketua DPRD Minahasa James Rawung didampingi Wakil Ketua Ivone Andries dan Ventje Mawuntu tersebut, Wakil Bupati Robby Dondokambey, beberapa pimpinan daerah Kabupaten / Kota se-Sulut, Forkompinda dan Legislator Minahasa, Sekdakab bersama jajarannya dan Pimpinan TP-PKK serta Dharma Wanita dan para undangan dan ASN.

Diakhir Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590. Bupati Roring di dampingi Wakil Bupati Dondokambey resmi menutup Minahasa Expo 2018 dan berbagai kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Minahasa ke-590.

Dalam sambutannya, Bupati mengucap syukur atas berkat Tuhan, dan memberikannya kepada semua pihak, kepada masyarakat dan TNI, yang telah menggalakkan kegiatan-kegiatan WD.

“Terima kasih juga kepada SKPD, BUMD, Swasta, hingga yang telah menyemarakkan kegiatan ini,” ujar Bupati.

“Kiranya Minahasa Expo akan memacu kretifitas dan inovasi dan kiranya kedepan akan lebih baik. Kunjungi kami untuk berdiri, kami lihat sudah banyak yang menunjuk. Ke depan diharpapkan lebih banyak yang bisa diungkapkan agar masyarakat mendapat informasi yang lebih banyak, ”tutur Bupati.

Pada kesempatan itu, hadiah hadiah hadiah hadiah para pemenang diantaranya diantaranya diantaranya diantaranya diantaranya diantaranya diantaranya lomba lomba Antar SKPD: juara 1. Inspektorat, juara 2. Dinas Perdagangan, juara 3. Dinas Koperasi dan UKM. Antar kecamatan: juara 1. Kecamatan Tondano Selatan 2. Kecamatan Kakas 3 kecamatan Tondano Barat. (Toar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed