by

Demi Kemajuan Minahasa ROR Jalin Kerjasama dengan Jepang

Manadozone || Jepang-Selang sepekan, sejak Senin 15 Oktober hingga 19 Oktober 2018, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi bersama isteri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny C M Roring Lengkong SIP, berkesempatan mengunjungi Kota Ibaraki, Jepang.

Kehadiran Bupati ROR dalam Konferensi Danau se-Dunia ini tak lain untuk tujuan kemajuan Kabupaten Minahasa, di bidang kelestarian lingkungan hidup, salah satunya soal kelestarian Danau Tondano kebanggaan masyarakat tanah Toar Lumimuut, yang masuk dalam 15 Danau Prioritas di Indonesia.

Dalam hal ini, Bupati ROR mendapat kesempatan mempresentasikan soal kondisi Danau Tondano saat ini, pada kegiatan pertemuan yang khusus membahas situasi dan kondisi Danau-danau di Indonesia, mengenai permasalahan yang terjadi seputar Danau.

Baca juga:   ROR-RD Dampingi Wagub Sulut Buka Pasar Murah 

Selain itu juga membahas soal roadmap serta program penyelamatan danau dan kerjasama dengan negara dalam penyelamatan Danau, secara khusus ada 15 Danau yang masuk Danau Prioritas di Indonesia, termasuk didalamya Danau Tondano, yang dibahas secara serius.

Selanjutnya, selain menghadiri Konferensi Danau se-Dunia, yang di buka Senin 15 Oktober 2018, Bupati ROR juga menjajaki kerjasama “Sister City” dengan Jepang, untuk kemajuan Kabupaten Minahasa kedepan, sebagai bentuk komitmen membangun.

ROR kala itu bertamu ke Ministry of Foreign Affair of Japan (MOFA), atau kantor Kementerian Luar Negeri yang berlokasi di Kota Tokyo, Selasa 16 Oktober 2018.

Baca juga:   Polres Minahasa Kawal Kegiatan Kampanye Cabup Nomor Urut 2 ROR-RD Di Romboken

Pada kunjungan ini, ROR bertemu sejumlah tokoh penting diantaranya Director Second Southeast Asia Division (Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Timor Leste) Mr. Shingo Miyamoto, Deputy Director Mr Moyatsu Tanaka, Prof Dr Bambang Rudyanto dari WAKO University dan Hiromi Seto dari PCI di Jepang.

Selain itu juga, Bupati ROR bersama isteri Fenny Roring-Lumanauw, berkesempatan mengunjungi masyarakat Kabupaten Minahasa, yang berdomisili di Kota Oarai. Disana, Bupati ROR menyempatkan diri bersilaturahmi dan berdialog dengan warga Minahasa.

Sejumlah saran usul pun diterima ROR dari warga Minahasa di Oarai, untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Minahasa.

Baca juga:   Hadiri Konferensi Danau se-Dunia di Jepang, ROR: Danau Tondano Jadi Perhatian Nasional dan Dunia

Di hari terakhir Bupati ROR di Jepang, beliau pun bertemu dengan Delegasi Indonesia dan Departmen of Lake Biwa and The Environment of Shiga Prefectural Government.

Kunjungan Bupati ROR ke Jepang, yang juga didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Alva Montong, adalah menghadiri Konferensi Danau se Dunia, Indonesia-Japan Workshop on Sustainable Lake Management in The 17th World Lake Conference (WLC17), bersama 13 Gubernur dan 7 Bupati lainnya di Indonesia.(Toar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed