by

Pemkot Tomohon Gelar Evaluasi Kegiatan Reformasi Birokrasi Tahun 2018

Manadozone||Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh menghadiri kegiatan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2018 bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kota Tomohon Senin(10/09/2018).

Walikota Tomohon dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah mengatakan, sebagaimana dimanatkan dalam Permenpanrb no 37 tahun 2013 dan Permenpanrb no 11 tahun 2015, diatur bahwa seluruh kementrian/ lembaga dan pemerintah daerah termasuk pemerintah Kota Tomohon untuk menyusun road map reformasi birokrasi karena memiliki peranan penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Baca juga:   Pemkot dan KONI Tomohon Lakukan Sharring Peningkatan Prestasi Olahraga di Bali

Adapun tujuan reformasi birokrasi, memperbaiki kinerja birokrasi, terciptanya good governance, yaitu tata kelola pemerintah yang baik, bersih, dan berwibawa, bebas KKN, meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, peningkatan kualitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Untuk itu pemerintah Kota Tomohon saat ini sudah pada tahap implementasi yaitu melaksanakan agenda reformasi birokrasi antara lain penyelenggaraan pemerintahan berbasis berbasis elektronik(e-government), pembentukan mal pelayanan publik dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan sehingga Kota Tomohon telah 5kali berturut-turut mendapatkan opini WTP dari BPK RI serta penerapan e-budgeting. Kesemuanya itu telah tertuang dalam RPJMD Kota Tomohon sebagai 7 program prioritas Kota Tomohon yang dikenal dengan program EMAS.

Baca juga:   Pertama di Sulut, Rumah Pelayanan Publik Wale Kabasaran Diresmikan di Tomohon

Pentingnya internalisasi reformasi birokrasi ini supaya semua perangkat daerah akan mengevaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi itu sendiri. Tampak hadir narasumber Kepala Bagian pengembangan kinerja Vonnie Sumenge SH MH, Kasubag Reformasi Birokrasi Biro Organisasi Setda Provinsi Sulawesi Utara Nelson Singkara SSos, Asisten Umum Ir Corry Caroles, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi, serta peserta dari Pemerintah Kota Tomohon. (RH/Rdk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed