by

Udara Panas dan Angin Landa Minahasa Damkar Diminta Waspada

Manadozone || Tondano – Udara panas membuat warga waspada kebakaran. Api kecil saja bisa memicu si jago merah beraksi terutam di Kabupaten Minahasa. Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) pun diminta siap siaga jika ada laporan.  

“saat ini pihaknya memang diminta harus penuh kesiapsiagaan, dan tentunya dengan cuaca panas ini, tentu kebakaran sangatlah mudah terjadi. Untuk itu personel damkar harus siap siaga dan apabila ada laporan kebakaran atau baru indikasi saja, petugas langsung bertindak,” kata Kepala Dinas Damkar Minahasa Alex Mamesah Kamis 23/8

Baca juga:   Komplotan Pencuri Minimarket Yang Beraksi di Minahasa Selatan, Akhirnya Tertangkap di Minahasa Utara

Kesiapsiagaan ini menyusul kejadian kebakaran lahan di seputaran Danau Tondano. “Awalnya kami sempat memantau ada kepulan asap tebal di pingiran Danau Tondano, ternyata telah terjadi kebakaran rumput liar,” sebut Mamesah.

Dan untuk menghindari meluasnya kebakaran lahan, 20 personel dan tiga unit mobil Damkar dikerahkan. Api segera dipadamkan. “Jangan sampai meluas ke kawasan kuliner di sekitar lokasi kebakaran,” ungkap Mamesah.

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Johanis Pesik meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, dikarenakan kemarau yang muncul disertai dengan angin kencang. 

Baca juga:   Jelang 2 Tahun Kepemimpinan EMAS, PMI Tomohon Gelar Donor Darah

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati, termasuk jangan beraktivitas di bawah pohon besar karena angin kencang berpotensi tumbang, karena sesuai informasi dari BMKG, cuaca panas dan angin kencang masih akan terus melanda sampai beberapa pekan ke depan,” ungkapnya.(Toar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed