by

Basarnas Minsel Gelar Simulasi Penyelamatan Korban Kebakaran

Manadozone || Amurang – Basarnas kini mempunyai Kantor/pos di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Hadirnya Basarnas di daerah ini diharapkan agar masyarakat menjadi merasa lebih aman dan tenang.

Pos tersebut yang telah diresmikan oleh Marsekal madya TNI bambang sulistyo.S.sos.M.M pada 09 Mei 2014 lalu, nantinya akan menjadi perpanjangan tangan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado.

Tentunya saya harapkan dapat membantu meningkatkan dan mempercepat response time pada saat terjadi suatu kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan jiwa manusia sehingga akan menghasilkan pelayanan Basarnas yang lebih cepat, tepat dan efektif, ungkap Letda SAR Steven Lumowa, SIP. Kepala Pos SAR Amurang.

Baca juga:   Sekot Lolowang Hadiri Ibadah Syukur HUT Ke-9 Jemaat GMIM Efrata Kamasi I

Senada dikatakan Kepala Pos Basarnas Amurang bahwa, dibangunnya Pos tersebut, guna memenuhi pelayanan jasa Basarnas di wilayah Minsel dan Mitra. bilamana terjadi kecelakaan, bencana dan kondisi membahayakan manusia, “‘namun demikian, masih belum memadainya sarana dan prasarana dalam bentuk peralatan Basarnas dan alat komunikasi serta terbatasnya jumlah SDM,” jelas dia.

Pos Basarnas Amurang siap berkordinasi dengan pemerintah baik kabupaten Minsel maupun Kabupaten Mitra terkait  tupoksi kegiatan ataupun apabila terjadi musibah atau bencana alam, Dikatakannya di sela-sela simulasi terkait cara mengevakuasi korban Kebakaran salah satu Ruko berlantai II yang digelar di Kantor SAR Amurang, Jumat (10/08).

Baca juga:   GMPK Resmi Laporkan Kasus Illegal Mining dan Pengrusakan Hutan di Areal PT. BDL

Pada saat simulasi tersebut digelar, terlihat bahwa SAR Pos Amurang memiliki rescuer-rescuer profesional, terlatih, dan kompeten.

Penyelenggaraan penanggulangan bencana memerlukan kesiapsiagaan penanganan secara sistematis, terpadu dan terkoordinir dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana. Tutupnya. 
(Jamal)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed