by

Anggarkan 5 Miliar, Sejumlah Puskesmas Minahasa Akan di Renovasi

Manadozone || Tondano – Untuk meningkatkan mutu dan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas tiga Puskesmas yang ada di Minahasa akan di perbaiki, ke tiga Puskesmas tersebut berada di Tandenan Kecamatan Eris, di Remboken dan di Tombulu dengan anggaran sebanyak Rp5 miliar.

“Sejumlah fasilitas kesehatan milik Pemkab Minahasa saat ini perlu diperbaiki, dari tiga rumah sakit dan 22 puskesmas, ada tiga fasilitas kesehatan (faskes) yang akan diperbaiki, untuk meningkatkan mutu dan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ungkap Kepala Dinkes dr Juliana Kaunang 

Baca juga:   Berjasa Selamatkan Nelayan Yang Hampir Tenggelam, AKP Supriyadi Diberikan Penghargaan

Kaunang juga mengatakan perbaikan ini juga untuk mengantisipasi Universal Health Coverage (UCH) Januari 2019 dan sangat diperlukan infrastruktur yang lengkap dan memadai,” tambahnya.

Terpisah, Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wilford Siagian mengatakan, perbaikan sarana kesehatan ini menjadi prioritas pembangunan selain itu rumah sakit daerah juga akan dikembangkan.  

“Pak bupati terpilih, memang belum berbicara secara langsung, namun beliau sudah buat perbandingan dengan mengunjungi RS Lipo Karawaci. Sehingga beliau ingin mengembangkan rumah sakit daerah,” jelas Siagian.

Sedangkan untuk perbaikan puskesmas, lanjut dia, itu akan diperjuangkan melalui DAK. “Kita dapat DAK untuk sektor kesehatan dan itu tergantung perjuangan daerah untuk mendapatkan dana. Jika sudah dianggarkan tiga kemungkinan tahap pertama tiga dulu, jadi kalaupun tidak diperbaiki, harus ditingkatkan statusnya supaya semua puskesmas bisa memiliki rawat inap bukan cuma rawat jalan,” ucap Siagian. 

Baca juga:   Kota Tomohon Raih Nilai 67.17 Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik

Dia membeber, saat ini di Minahasa tiga yang punya status rawat inap. “Bukan lagi harapan tapi keyakinan agar peningkatan kesehatan Minahasa menjadi salah satu prioritas bupati terpilih, dan semua sektor dapat diperhatikan,” tutup Siagian. (Toar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed