by

Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa, Pemkab Minahasa Gelar Bimtek di Jakarta

Manadozone||Minahasa – Guna mewujudkan tata kelola pemerintahaan yang baik untuk kesejahteraan rakyat, untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengadakan Bimbingan tTknis (Bimtek) bagi Hukum Tua (Kumtua) se-Kabupaten Minahasa yang di laksanakan di Jakarta Salasa (24/7/2018).

Adapun Bimtek ini, dilaksanakan selama tiga hari, yang resminya dibuka secara langsung oleh, Penjabat Bupati Minahasa Drs. Royke Mewoh, DEA,  diikuti 227 Kumtua s yang ada di Kabupaten Minahasa.

Pj Bupati Minahasa Royke Mewoh menekankan bahwa kegiatan peningkatan kapasitas bagi penyelenggara pemerintahan desa masih perlu mendapat perhatian, oleh karena itu kita harus menyambut positif atas diselenggarakannya bimtek ini.

Baca juga:   KPUD Minahasa Gelar Seni dan Budaya 1 Tahun Menyongsong Pemilu Serentak 2019

“pelatihan ini diharapkan para peserta dapat memahami kebijakan pemerintah tentang desa, manajemen pemerintahan desa dalam aspek perencanaan, pengawasan, kelembagaan dan keuangan desa serta laporan penyelenggaraan pemerintahan desa untuk nantinya diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari hari, sehingga fungsi pelayanan pemberdayaan dan pembangunan dapat berjalan optimal.” Tegas Bupati Mewoh.

Sementara, Kepala PMD Jefri Sumendap Sajow, SH mengatakan, peserta akan mendapatkan materi menyangkut tata kelola pemerintahaan yang baik untuk kesejahteraan.

“Selain tata kelola pemerintahan ada juga materi manajemen pemerintahan desa materi pedoman pengelolaan keuangan desa, tata cara kerjasama pemerintahan desa, pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya alam serta studi lapangan di desa sukamanah, bogor,” sebut Sajow.

Baca juga:   Walikota Eman Dampingi Wagub Kandou HUT Ke-18 GMIM Kakaskasen Bait-el.

Turut hadir dan memberilan materi, direktur kelembagaan dan kerjasama desa, ditjen pemdes kemendagri Budi Antoro, mantan direktur fasilitasi keuangan dan aset desa Lukmanul Hakim, Kabag Hukum dan Ortal ditjen PPMD Kemendes Dr. Dwi Rudi, kasubdit teknologi tepat guna PPMD Kemendes Ivan Rangkuti.(Toar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed