Ketua TP PKK Sulut Panen Cabe di Perkebunan HATINYA PKK Desa Kanonang Dua

Manadozone || Minahasa – Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan didampingi Ketua TP PKK Minahasa Ny. Helly Grace Mewoh Pongoh, SE melakukan panen cabe di perkebunan Halaman Asri Teratur Indah Nyaman (HATINYA) PKK, Senin (4/6/2018) dalam rangka penilaian Lomba HATINYA PKK Tingkat Provinsi.

Setelah melakukan panen cabe Ketua TP PKK Sulut bersama tim penilai meninjau persiapan di beberapa tempat halaman warga yang sudah di tanami berbagai tanaman seperti tanaman dapur hidup, tanaman obat dan tanaman hias.

Baca juga:   HUT Bhayangkara ke-75, Polres Kotamobagu Gelar Upacara dan Potong Tumpeng

Ketua TP PKK Minahasa Grace Mewoh Pongoh kepada media ini menyampaikan bahwa HATINYA PKK merupakan salah satu program pokok PKK dimana sejauh ini masyarakat telah berupaya dengan pendampingan oleh PKK Kabupaten, Kecamatan dan instansi terkait. 

“Tentang pemanfaatan halaman pekarangan sebagai sumber gizi pangan keluarga, saya mengharapkan dalam mewujutkan pemehuhan pangan dan gizi keluarga masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam beraneka ragam tanaman seperti rica, tomat, sayur sayuran dan berbagai bumbu dapur sebagai dapur hidup dan tanaman obat keluarga,” ungkap Ketua TP PKK Minahasa yang didampingi Wakil Ketua Ny. Ive Korengkeng Warouw, Sekretaris dr. Alda Kusoy dan pengurus TP PKK.

Baca juga:   Irup Pawai Bocah, Bunda Paud Jeand'arc Harap Jadikan Momentum Menjadi Lebih Kuat

Sementara Tim Penilai tingkat Provinsi Ibu Youke Besouw Rumpesak yang didamping Jein Kodowati Sumilat menyampaikan bahwa persiapan Lomba Hatinya PKK Desa Kanonang dua ini sudah baik namun memang harus ada pendampingan dari Kabupaten dan Kecamatan. 

“Untuk penilaian pada dasarnya semua halaman yang ada harus dimanfaatkan dengan menanam tanaman kebutuhan keluarga. PKK di tingkat desa harus proaktif mendampingi masyarakat dalam menata dan menanam tanaman. Terlebih penting partisipasi dari masyarakat setempat bagaimana memanfaatkan potensi yang ada termasuk bagaimana menjaga tanaman agar tetap terpelihara dengan baik,” jelasnya.

Baca juga:   Dihadiri Walikota Eman, Ketua DPRD Jemmy Sundah : Kota Tomohon Sudah Menunjukan Kemajuan

Ketua TP PKK Desa Kanonang Dua Ny. Mikro Rawis Paendong menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan lomba HATINYA PKK dimana selama ini masyarakat dengan senang hati mendukung pemerintah  yang dipercayakan oleh Kabupaten Minahasa menjadi utusan ke tingkat provinsi. “Jika provinsi mempercayakan untuk diutus ke tingkat nasional maka dengan komitmen kami sebagai TP PKK Desa siap ke tingkat Nasional,” singkatnya. (Toar)