by

Derek Manangka, Wartawan Senior Putra Kawanua Tutup Usia

Manadozone || Jakarta – Wartawan senior yang juga putra terbaik Kawanua Derek Manangka kini telah tiada.

Kepergian mantan wartawan Harian Umum Media Indonesia ini mengejutkan berbagai kalangan khususnya insan pers yang telah mengenal baik Derek.

Pria kelahiran Manado, 9 Agustus 1950 ini sempat menggeluti dunia jurnalistik disejumlah media antaranya Harian Prioritas yang kemudian menjadi Harian Media Indonesia fan Harian Sinar Harapan. Dalam dunia jurnalis televisi sempat menduduki Chief Editor RCTI April 2003 – Agustus 2005. Menjelang akhir hayat Derek bekerja di PT Info Persada sebagai direktur pada Agustus 2008 hingga saat ini.

Baca juga:   KPU Tetapkan ROR-RD Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa

Jenazah almarhum jurnalis senior Derek Manangka pada pukul 13.00 WIB dipindahkan dari Rumah Sakit
mum (RS) Zahirah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, ke Rumah Duka RS Fatmawati.

Selain menjadi jurnalis Derek Manangka juga sempat menekuni dunia penulisan. Bahkan sebelum meninggal ia tengah aktif menulis buku. Buku terakhir yang tengah diselesaikannya adalah Buku Biografi Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet, yang juga mantan jurnalis dan pernah bersama-sama Derek di Harian Prioritas dan Majalah Vista.

Ketekunannya dalam dunia jurnalistik telah dilakukan sejak masih duduk di bangku kuliah di Sekolah Tinggi Publisistik (STP) Jakarta kini Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP).

Baca juga:   Ade Mulyana: Muslim di Indonesia Adalah Benteng Pancasila

Penulis sering berdiskusi dengan almarhum khususnya tentang Catatan Tengah yang sering dipublikasikannya di media sosial seperti Facebook pada akun pribadinya. Pria bersahaja ini sempat mempersilahkan penulis untuk mengutipnya, bahkan Derek sendiri mengirim langsung via pesan whatsapp kepada penulis.”Silahkan Jim ngana muat ini (Catatan Tengah) pa ngana pe media,” saat berbicara langsung lewat ponselnya.
Selamat jalan senior! Kiranya Bapa di Sorga menyiapkan tempat buat senior..

Penulis : Jimmy Endey

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed