by

Walikota Eman : Pemerintah Tunjang Pemilu 2019 Sesuai UU Nomor 7 Tentang Pemilu

Manadozone||Tomohon – Peran pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemilihan umum di tahun 2019 sangat menentukan dalam rangka memberikan pendidikan pokok bagi masyarakat khususnya pemilih pemula di Kota Tomohon, hal ini dikatakan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, saat pelaksanaan Sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu 2019) di Kecamatan se- Kota Tomohon 2018. Rabu (16/05/2018), bertempat di kantor Badan kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon.

Lanjut Walikota Eman, pemerintah menjalankan peran dan fungsinya sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan yang ada yaitu dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

Baca juga:   Walikota Eman Mengapresiasi Kepolisian Melalui Gerakan Sejuta Masker

Undang-Undang Nomor (UU) 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).  terdiri atas 573 pasal, penjelasan, dan 4 lampiran. Ditegaskan dalam UU ini, Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Dan dalam menyelenggarakan pemilu, penyelenggara pemilu harus melaksanakan Pemilu berdasarkan pada -asas sebagaimana dimaksud, dan penyelenggaraannya harus memenuhi prinsip: a. mandiri; b. jujur; c. adil; d. berkepastian hukum; e. tertib; f. terbuka;  g. proporsional; h. profesional; i. akuntabel; j. efektif; dan k. efisien (**Sum Sk RI)

Walikota Eman, berharap kiranya semua peserta sosialisasi memanfaatkan kegiatan ini sebagai wahana peningkatan pemahaman atas peraturan perundang-undangan di bidang Politik khususnya tahapan pemilihan umum tahun 2019, sehingga partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu di Kota Tomohon di Kota Tomohon akan semakin meningkat serta aman dan lancar pelaksanaannya.

Baca juga:   Presiden Jokowi Kutuk Penembakan di Las Vegas

Sementara itu, Kepala Badan kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon Theodorus Paat, SIP. dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan pendidikan politik masyarakat dan pemahaman tentang pemilihan umum 2019 berdasarkan peraturan perundang-Undangan yang berlaku serta terciptanya pelaksanaan pemilahan umum 2019 yang aman, lancar, tertib dan sukses di Kota Tomohon.

Hadir sebagai  narasumber dalam kegiatan ini, yakni Ketua Bawaslu Sulawesi Utara Herwyn Malonda, M.Pd., Komisioner KPU Sulawesi Utara Divisi Hukum Ardilles Mewoh, Akademisi DR. Ferry Liando, Dandim 1302 Minahasa Letkol  Inf. Nixon Purnama, S.Th., Kapolres Tomohon AKBP. I Ketut Agus Kusmayadi, SIK., dan Kasie Intel Kejari Tomohon Wilke Rabeta, SH, dihadiri para peserta.. (JP)

Baca juga:   Kepengurusan PBVSI Bolmut Periode 2021-2025 Terbentuk

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed