by

Luar Biasa! Eksistensi Pusat Study Indonesia di Kota Xiamen

 

Manadozone ||  Xiamen – Duta Besar Republik Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun melakukan kunjungan kerja ke Pusat Studi Indonesia (PSI) di Hua Qiau University, Kota Xiamen, Provinsi Fujian pada Jumat (27/4/2018) waktu Xiamen. Kedatangan Oratmangun yang didampingi Konjen RI Guangzhou Gustanto untuk meninjau pusat studi Indonesia.

Kedatangan Oratmangun beserta rombongan disambut hangat Dekan Fakultas Hubungan Internasional Profesor Wang Qiubin yang didampingi Kepala Pusat Studi Indonesia Mr Cheng Tsung Yuan serta sejumlah profesor lainnya.

“Sejarahnya pusat studi di Huaqiao University ini didirikan pada November 2016 di bawah manajemen Fakultas Hubungan Internasional, dengan dukungan Pemerintah Provinsi Fujian dan Huaqiao University,” jelas Djauhari.

Baca juga:   ROR Hadiri "Kuncikan" Tahun Baru Keluarga Besar Eman di Sonder

 

Didepan Fakultas Hubungan Internasional Huaqiao University

Ditambahkannya, PSI tersebut fokus pada penelitian mengenai Indonesia di Bidang Politik, Keamanan, Ekonomi, Sosial-Budaya, serta hubungan bilateral dengan Tiongkok. “Sejak didirikan, Pusat Studi telah bekerja sama dengan berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Bina Nusantara, dan President University,” papar Oratmangun lagi lewat pesan ‘whatsapp’.

Yang menarik lagi dari kunjungan monumental tersebut diketahui bahwa para tenaga pengajar PSI merupakan tenaga profesional berpengalaman dalam penelitian mengenai Indonesia, yang telah berkembang dari yang hanya terbatas pada penelitian mengenai agama, returned overseas, dan bahasa, saat ini telah meluas sampai hal-hal terkait bantuan internasional, isu perbatasan, serta proyek-proyek penerjemahan dokumen.”Sungguh luar biasa! Saya takjub dengan upaya mereka (Para tenaga profesional, red) melakukan penelitian. Sangat serius dan mendalam,” ujar pria yang akrab disapa pak Djo.

Baca juga:   ROR-RD jadi Panitia Konsultasi Teologi Tentang Live Giving Agriculture Asia
Duta Besar Djauhari Oratmangun di Perpustakaan Pusat Study Indonesia

Universitas Huaqiao merupakan salah satu universitas unggulan di Tiongkok. Mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di universitas ini diperkirakan mencapai 300 mahasiswa yang berasal dari Jakarta, berbagai kota di Jawa Tengah, Surabaya, dan Medan.

Oratmangun menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas eksistensi Program Studi Indonesia di Huaqiao University, dan menegaskan komitmen perwakilan Republik Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok untuk sedapat mungkin membantu dan memfasilitasi program-programnya bagi kedekatan hubungan dua negara.

Djauhari juga meyakini bahwa hubungan kedua negara akan terus meningkat dalam konteks yang lebih cerah dan saling menguntungkan di masa mendatang. Pusat kajian akan berperan dalam memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak pengambil kebijakan, sektor swasta maupun bidang lainnya.

Baca juga:   Secara Resmi walikota Eman Tutup Pelaksanaan Rapat Forkopimda Bersama Tokoh Masyarakat

Dalam kesempatan tersebut juga, Dubes Oratmangun menyampaikan terima kasih kepada pihak universitas yang telah memberikan fasilitas berupa tempat pelaksanaan Kongres dan Simposium Nasional Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok yang ke-7.(Djo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed