by

Seru! Berebut 4 Kursi Senator Sulut

Manadozone || Manado – Paska Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) menutup pendaftaran calon perseorangan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) pada Jumat (27/4/2018) sejumlah nama tokoh Sulut terlihat. Padahal kursi DPD RI hanya 4 yang akan diperebutkan.

Catatan KPU Sulut menunjukan hanya 29 calon yang telah mengembalikan dokumen berkasnya dari 34 pengambil formulir. Dari 29 calon tersebut, infornasi yang diperoleh Manadozone menyebutkan 17 calon telah memenuhi persyaratan sedangkan sisanya 12 calon memerlukan perbaikan.

Sejumlah nama yang akan memperebutkan kursi DPD Sulut terdapat nama mantan orang nomor satu di Minahasa Selatan (Minsel) Drs Ramoy Markus Luntungan (RML) yang sempat menarik simpati masyarakat Minsel di era kepemimpinannya. Juga tak kalah menariknya politisi senior Syachrial Damopolii, mantan Ketua DPRD Sulut di era Gubernur AJ Sondakh, turut meramaikan perburuan kursi DPD. Belum lagi para tokoh agama yang cukup berpengaruh seperti mantan Ketua Sinode Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) Pendeta HWB Sumakul serta Gembala Tedius Kuemba Batasina yang pernah menjadi pucuk pimpinan Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM). Keduanya patut diperhitungkan mengingat memiliki hubungan emosional dengan umatnya masing-masing. Nama lain seorang akademisi senior mantan Rektor Unima Prof Dr Philo Tuerah juga meramaikan perhelatan lima tahunan ini.

Baca juga:   Walikota Eman Hadiri HUT Ke-11 Jemaat GMIM Anugerah Paslaten Wilayah Tomohon Satu

Selain itu ada juga beberapa politisi Sario (Sebutan khas untuk DPRD Sulut dahulu) yang tidak bisa diremehkan seperti Pdt Meiva Salindeho Lintang yang pernah memimpin DPRD Sulut periode lalu, dr Wisye Makagansa Rompis, Kristovorus Dicky Palinggi dan Djafar Alkatiri.

Sedangkan senator-senator petahana seperti Stefanus Liow, Fabian Sarundajang dan Maya Rumantir (Sempat pergantian antar waktu saat menjadi calon gubernur Sulut lalu, Red) menjadi pesaing berat bagi para calon yang baru mau merasakan kursi DPD.

Belum lagi masuknya nama mantan Ketua Umum DPP Partai Damai Sejahtera (PDS) Denny Tewu yang pernah melenggang ke Senayan pada pemilu legislatif DPR RI lalu namun batal, meski meraih suara yang cukup, karena partainya tidak memenuhi ambang batas di pusat.

Baca juga:   Wabup Minsel Hadiri Penamatan Siswa SMAN 1 Amurang

Berikut sejumlah calon lain yang dapat diperhitungkan dan telah memenuhi persyaratan yakni Lexi Mantiri aktivis jurnalis, Dr Helfried Lomboh penasihat mantan Walikota Bitung Milton Kansil, mantan Direktur Utama Bank Sulut Johanis Salibana. (jim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed