by

Disdukcapil Minahasa Tingkatkan Layanan Perekaman Data e-KTP Jelang Pilkada

Manadozone || Tondano – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Minahasa tahun ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) meningkatkan kinerjanya dalam memproses perekaman data elektronik KTP (e-KTP) warga masyarakat.

Upaya tersebut seiring dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang disampaikan lewat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar mempercepat proses pengurusan e-KTP hingga satu jam.

Kepala Disdukcapil Minahasa Riviva Maringka, saat ditemui Manadozone.com mengatakan bahwa pihaknya selain melayani masyarakat untuk pembuatan e-KTP di kantor, juga melaksanakan program layanan “mobile service” ke beberapa daerah yang jumlah perekaman warga masih tergolong sedikit.

Baca juga:   Polres Minahasa Berduka, AKBP Henzly Moningkey SIk.MSi Meninggal Dunia

Hal tersebut dilakukan guna menunjang proses pilkada yang dijadwalkan akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang. Sehingga seluruh warga yang akan menjalankan hak pilihnya dapat terakomodir.

Menurut Maringka, data Disdukcapil untuk warga yang belum merekam dan tak memiliki identitas sekitar 6 persen atau berkisar 13.000 penduduk.“Stok blanko masih tersedia dan mencukupi,” tambah Maringka.

Dijelaskannya pula, dalam proses perekaman di kantor maupun Mobile Service semuanya sesuai prosedur dan aturan berlaku. Karena nantinya data hasil perekaman akan langsung kirim ke data center Kementerian Dalam Negeri. Selanjutnya setelah data divalidasi di kementerian akan ada data bersih tunggal atau kode print the record. Kemudian pihaknya baru akan melakukan print out fisik e-KTP yang diserahkan langsung ke masyarakat.(Toar)

Baca juga:   Ikuti Ibadah Pemakaman Hans Alexander Roring, ROR: Terima Kasih Pemerintah Desa Leilem

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed