by

Mewoh Berharap Masyarakat Mampu Berinovasi Dalam Memanfaatkan Dana Desa Lewat Bumdes

Manadozone || Sonder – Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sonder. Hal ini dilakukan agar program pemerintah dapat bersinergi hingga ketingkat kecamatan dan desa. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Leilem pada Jumat (13/4/2018).

Dalam sambutannya, Mewoh menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melihat langsung program pemerintah yang telah dilaksanakan secara berkesinambungan. Mulai dari pusat hingga ke kabupaten sampai desa.

“Upaya mencapai tingkat kesejahteraan tergantung dari kesungguhan pemerintah dan masyarakat yang bersinergi serta menjaga kekompakan dalam menjalankan program lintas kementerian seperti program dana desa. Dimana di Kecamatan Sonder dialokasikan sekitar 19 miliar rupiah. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat yang merupakan dua program besar,” kata Mewoh

Baca juga:   Road Show TIFF 2017 di Bali Membuat Undangan dan Pengunjung Terpatri dan Terkesima

Kegiatan ini, menurut Mewoh, harus melibatkan semua masyarakat termasuk tenaga kerja dari desa. Pemberdayaan masyarakat ada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam rangka pemanfaatan dana desa. Apabila banyak kegiatan di Bumdes akan memberikan sumbangan terhadap PAD untuk digunakan sebagai peningkatan kesejahteraan. Pemerintah pusat menyampaikan suatu contoh bahwa ada satu desa yang hasil Bumdes dalam setahun mencapai satu miliar rupiah karena inovasi yang dilakukan.

“Mari kita sama-sama mejalankan pembangunan di desa yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Ujung tombak pemerintahan kabupaten adalah desa,” pungkasnya.

Baca juga:   Sahabat Jurnalis Bolmong Salurkan Bantuan Bencana di Bolsel

”Pemanfaatan dana desa harus dilakukan sesuai kebutuhan serta mengikuti mekanisme yang ada,” katanya lagi.

Bupati saat kunker di dampingi pejabat antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala MSi, Asisten Adm Umum Hetty Rumagit SH, Anggota DPRD Minahasa Synthia Keintjem, Camat Sonder Drs Rouldy Mewoh, Kapolsek, Jajaran Pemerintah Kab Minahasa, para Hukum Tua, Tokoh agama dan tokoh masyarakat se Kecamatan Sonder.(Toar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed