by

Bersama Ketua DPRD, Bupati Paruntu Hadiri Rakornas Jakstranas Oleh Kementerian LHK RI di jakarta

Manadozone||AdvetorialMinsel – Bupati Minahasa Selatan DR.(HC) Christiany Eugenia Paruntu SE, bersama Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)Kebijakan dan Strategi Nasional (Rakornas Jakstranas) mengenai pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, Selasa (3 April 2018), bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Sesuai dengan Perpres RI Nomor 97 tahun 2017 tentang Jakstranas, pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, kegiatan ini terus disosialisasikan ditingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Sekitar 2000 peserta diperkirakan menghadiri kegiatan Rakornas ini, dengan target para kepala daerah, baik itu Gubernur, maupun Bupati/Walikota menghadiri kegiatan ini.

Baca juga:   MA Dukung KPK Terkait Tertangkapnya Hakim PN Medan

Seperti diketahui, memasuki tahun 2008 pengelolaan sampah rumah tangga memasuki paradigma baru, dimana dari aspek ekonomi, menjadi sesuatu yang sangat diperhitungkan untuk dilakukan, oleh karena itu, pengelolaan sampah bukan saja hanya menjadintanggung-jawab dan dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), atau KemenPU-PR, tapi juga oleh seluruh Kementerian atau Lembaga.

Tahun 2025 nanti merupakan tahun Indonesia Bersih Sampah, dimana target pengelolaan sampah yang ingin dicapai adalah 100 persen sampah dapat terkelola dengan baik dan benar.

Melalui kegiatan ini Mendagri Tjahjo Kumolo, selaku pihak yang membina para kepala daerah dalam sambutannya mengatakan kerja sama perlu dilakukan didaerah untuk mengelola sampah, termasuk kerja sama dengan pihak swasta, Iapun mengatakan bahwa sangat penting untuk mensosialisasikan Perpres ini kepada para kepala daerah, karena, pengelolaan sampah 60 persen ada di daerah.

Baca juga:   Mel's Cafe, Rumah Kopi di Kawasan Citraland

Sementara itu Kepala Bappenas menjelaskan keterkaitan perencanaan pengurangan dan penanganan sampah, yang harus sesuai dengan RPJMN dan RPJMD, sedangkan Menteri ESDM menjelaskan mengenai Energi Baru Terbarukan (EBT), terkait pemanfaatan sampah untuk alternatif energi.

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE, mengatakan bahwa saat ini di Minsel sudah ada yang memanfaatkan sampah menjadi suatu nilai yang bernilai ekonomi, dengan adanya Bank Sampah, yang tentunya masyarakat dapat terbantu perekonomiannya, dan berharap semoga ini akan lebih ditingkatkan lagi, hingga menggapai disetiap kecamatan bahkan desa di Minahasa Selatan.
(R/JL)

Baca juga:   Ketua DPD Partai Golkar Sulut Tety Paruntu Hadiri Rakor H-30 Pilpres Jokowi -Maaruf

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed