Pemkot Tomohon Gelar Musrenbang Tingkat Kota Se-Tomohon

Manadozone||Tomohon – Musyawarah Perencaan Pembangunan(MUSRENBANG) Tingkat Kota Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kota Tomohon Tahun 2019 dihadiri dan dibuka oleh Ervan Arumansyah SIP MA, Selaku Perencana Muda pada Direktorat Otonomi Daerah BAPPENAS Republik Indonesia Kamis(29/03/18).

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Umum Ir Corry Caroles mengatakan, sesuai amanat UU No 25 tahun 2004 tentang sistem Perencaan Pembangunan Nasional, dan UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta Peraturan Mendagri no 86 tahun 2017, bahwa pemerintah daerah wajib menyusun dokumen perencaan pembangunan tahunan dalam bentuk RKPD sebagai implementasi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD). Proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2019 diharapkan berjalan sesuai tahapannya dan diharapkan berjalan sesuai tahapannya dan diharapkan memenuhi kaidah penyusunan rencana yang sistematis, terpadu, transparan dan akuntabel serta harus konsisten dengan rencana lainnya yang relevan.

Baca juga:   Wakili Walikota, Mentu Buka Focus Group Discussion

Pada bulan yang lalu kita telah melaksanakan Musrenbang dari tingkat Kelurahan sampai tingkat Kecamatan dengan menggunakan aplikasi E-Musrenbang yang bertujuan untuk transparansi proses perencaan. Tema pembangunan Kota Tomohon Tahun 2019 yaitu Peningkatan Daya Saing Dengan Memacu Investasi dan Pemerataan Pembangunan Serta Mempercepat Penanggulangan Kemiskinan. Prioritas pembangunan Kota Tomohon Tahun 2019 yaitu; Kemandirian Ekonomi dan Daya Saing; Penanggulangan Kemiskinan, Pengangguran, Permasalahan Sosial dan Penyelenggaraan Ketentraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat; Pelestarian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Penanggulangan Bencana dan Penataan Ruang; Pariwisata dan Budaya; Pembangunan Infrastruktur; Kualitas Birokrat dan Tata Kelola dan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Baca juga:   ROR Lantik 6 Pejabat Minahasa

“Harapan kami, nantinya agar apa yang kita hasilkan, putuskan dan sepakati pada kegiatan Musrenbang ini benar-benar dijabarkan dalam RKPD dan RKA Perangkat Daerah, sehingga akan menghasilkan APBD pada tahun 2019 yang semakin capable mengakumulasi berbagai kebutuhan pembangunan daerah dan kualitasnya semakin baik dari tahun ke tahun”, ungkap Caroles.

Hadir dan Tampil sebagai Narasumber dalam kegiatan ini, yakni Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miki Wenur, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infantri Nixon Purnama STh, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Julin Mamahit SH MH, Kejari Tomohon diwakili Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Windhu Sugiarto SH MH, BAPPEDA Provinsi Sulawesi Utara diwakili oleh Kabid Pemerintahan Sosial Budaya Dra Feibe Rondonuwu MSi, Dinas Perkim Sulut diwakili oleh Jefry Panambunan selaku fungsional umum Bidang Perencaan Program dan para peserta.
(RH/Rdk)

Baca juga:   Inovasi dan Gebrakan Camat Passi Barat diapresiasi Sekda Bolmong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *