Pemkot Melalui Dikbud Tomohon Gelar Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD

ManadoZone||Tomohon – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Daerah. Kamis (23/11/2017) bertempat di Aula Tulip Inn Kelurahan Paslaten Satu Tomohon Timur menggelar Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dibuka  Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh.

Dalam sambutannya, Eman mengatakan, berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2017 dan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009, seorang pendidik harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Baca juga:   CSWL Himbau Seluruh Perangkat Daerah Harus Kawal Program Strategis

‘’Aturan tersebut menjadikan standar bahwa guru haruslah profesional di bidangnya. Keberhasilan penyelenggaraan PAUD tidak terlepas dari peran pendidik atau guru PAUD, mengingat tugas utamanya adalah mendidik, membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi peserta didik pada satuan pendidikan jenjang PAUD, golden age atau usia emas yang merupakan masa awal tumbuh kembang dan pendidikan anak ditentukan sejak usia dini,’’ kata Lolowang membacakan smabutan Eman.

Oleh karena itu lanjutnya, pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk memberdayakan dan memprioritaskan upaya peningkatan kompetensi pendidikan PAUD.

Melalui kegiatan ini diharapkan tuntutan standar kompetensi pendidik PAUD di Kota Tomohon dapat dipenuhi sehingga layanan PAUD semakin bermutu demi terwujudnya peningkatan kualitas layanan yang relevan dengan tuntutan masyarakat, sehingga bisa melihat anak-anak di Kota Tomohon bertumbuh dengan baik, terpenuhi kebutuhan pendidikannya dan dapat menikmati masa kecilnya dengan baik

Baca juga:   Polres Kotamobagu Siapkan APD Untuk Anggota Pengamanan TPS

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MKEs MSi diwakili Sekretaris Dinas Herling Pondaag SPd laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas, profesionalisme dan kompetensi tenaga pendidik PAUD di Tomohon.

Hadir sebagai narasumber, dari  Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas Dr Pujiarto MPd serta sebagai peserta para tenaga pendidik ASN PAUD.

(JP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *