Wawali SAS : Cabe Salah Satu Produk Unggulan Kota Tomohon

Tomohon||Manadozone –  Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menghadiri Kegiatan Pelatihan Agribisnis Cabe yang digelar oleh pemerintah kota tomohon melalui Dinas pertanian dan perikanan. Kamis (09/11/2017), bertempat di Balai Benin Pertanian(Show Window)Tomohon.

Dalam sambutannya, Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak  yang dibacakan oleh Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan mengatakan, bahwa salah satu produk unggulan di Kota Tomohon adalah komoditi cabe.

Sompotan menjelaskan, luas 2012 HA lahan potensi holtikulura sebanyak 284 HA adalah lahan cabe yang mampu memproduksi 3.976 Ton cabe rawit dan cabe besar dalam 1tahun. Kota Tomohon telah menerima 60 HA Cabe melalui program Upaya Khusus yang diadakan oleh Kementerian Pertanian RI lewat Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Sulawesi Utara.

Baca juga:   Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Mulai Diberlakukan

Lanjut Sompotan, Untuk mengantisipasi terjadinya overproduksi cabe maka pemerintah Kota Tomohon telah mempersiapkan peralatan untuk pengolahan hasil pertanian. Usaha ini perlu mendapat perhatian dari semua stakeholder agar mampu tumbuh dan berkembang serta mampu sebagai penggerak perekonomian masyarakat.

“Masalah produksi yang rendah, belum optimalnya penggunaan teknologi tepat guna, masalah pemasaran dan sebagainya, untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan oleh Pemerintah adalah pelatihan. Pelatihan agribisnis cabe perlu dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan petani”. Ujar Sompotan.

Sompotan menambahkan, produk pertanian yang dihasilkan harus diikuti oleh perkembangan industri pengolahan, maka untuk menggerakan sistem agribisnis perlu dukungan semua pihak mulai dari petani, koperasi, BUMN dan swasta, ujar Sompotan yang dikenal dengan nama SAS ini.

Baca juga:   Dibuka Walikota Eman, Wawali SAS Tutup Pelaksanaan IHT di Sutan Raja Minut.

Kesempatan ini, SAS berharap kepada para peserta pelatihan untuk dapat memanfaatkan kegiatan pelatihan ini, terutama untuk mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan yang disampaikan oleh narasumber.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yakni, Kepala Seksi pemasaran dan PHP Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Sulut Karel Lala SP, MSi, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Vonny Pontoh MBA, Kepala BP3 se Kota Tomohon, dihadiri peserta yang hadir.

(TH?Rdk)