by

Berhasil Bangun Minsel, ARMAK Sulut Apresiasi Kinerja Bupati Tetty

MINSEL || Manadozone.com – Semenjak dimekarkan menjadi sebuah kabupaten, tingkat Perekonomian Masyarakat di Minahasa Selatan mulai mengalami Peningkatan dari masa ke masa, apa lagi semenjak di Pimpin Oleh Bupati Christiany Eugenia Paruntu, Pertumbuhan dari segala Aspek mulai meningkat tajam, mulai dari Bidang Pendidikan, Pertanian, Kelautan, UMKM, dan Bidang lainnya.

Hal tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan perekonomian dan Pembangunan Di Minahasa Selatan yang melebihi Kabupaten Kota lainnya yang sama-sama dimekarkan dari Kabupaten Minahasa Induk, dimana berkat ketelatenan Seorang Bupati yang Biasa disapa Tetty tersebut melakukan Loby ke Pemerintah Pusat sehingga mendapatkan Perhatian lebih, baik dari segi Pembangunan Infrastruktur, Fisik dan Lainnya.

Semenjak Bupati Tetty Memimpin Kabupaten Minahasa Selatan yang hinga saat ini berjalan tujuh tahun ( Dua Periode), sudah banyak sekali terobosan yang dilakukan Bupati tercantik Di Indonesia ini, sehingga kepercayaan Investor dalam menanamkan Modalnya di Minahasa Selatan sangat tinggi, sehingga membantu terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat yang seluas-luasnya.

Selain itu Berkat Keberhasilannya membangun Kabupaten Minahasa Selatan dan Loyal terhadap Partai yang selama ini dinaunginya,  Bupaty Tetty Akhirnya dipercayakan untuk memimpin Partai Golkar Sulawesi Utara, Dirinya di Pilih secara Aklamasi Untuk Menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Utara dalam Musdalub Partai Golkar yang diadakan di Kantor DPP Partai Golkar Senin (23/10/2017).

Menanggapi Keberhasilan yang dicapai Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu, Ketua Umum Aliansi Ormas dan LSM Anti Korupsi (ARMAK) Sulut Calvin Castro saat ditemui (Rabu 25/10) Angkat Bicara, Menurut Castro yang terkenal Vocal dalam Pemberantasan Tipikor, Selama tujuh tahun Kepemimpinan Bupati Minahasa Selatan Chritiany Eugenia Paruntu, Pembangunan di Kabupaten Minahasa Selatan sangat terlihat jelas, dan jauh dari Aroma Korupsi, dimana dalam pengelolaan APBD Minsel, Penyerapan anggaran terealisasi dengan baik, dimana dengan latar belakang sang Bupati yang adalah Pengusaha Sukses sehingga dapat mengatur Keuangan Daerah dengan sebaik-baiknya.

Baca juga:   Pemkot Tomohon Menggelar Kemudahan Izin Usaha Industri Kecil dan Menengah
Calvi Castro , Ketua Umum Aliansi Ormas Dan LSM Anti Korupsi (ARMAK)
Calvin Castro , Ketua Umum Aliansi Ormas Dan LSM Anti Korupsi (ARMAK)

“ Dalam pengamatan Kami Aliansi Ormas Dan LSM Anti Korupsi Sulut, Untuk Minahasa Selatan adalah satu-satunya Kabupaten yang sejak dimekarkan dari Kabupaten Minahasa Induk yang pembangunannya sangat terlihat jelas dan jauh dari Aroma Korupsi, penyerapan APBD pun sudah terealisasi dengan baik”. Ujar Castro

Lanjut ditambahkannya “ Kami Mengapresiasikan apa yang telah dicapai Bupati Tetty Paruntu dalam mensejahterakan masayarakat Minahasa Selatan, Kami Mengharapkan Bupati Tetty agar tetap mempertahankan apa yang telah dicapai hingga saat ini, agar bisa memberikan Contoh kepada Kabupaten Kota lainnya, apa lagi saat ini Bupati Tetty telah terpilih Menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Sulut, jadi lebih mudah untuk memberikan Arahan dan Contoh yang baik kepada Kepala-kepala daerah yang diusung oleh Partai Golkar”.

Hal Senada juga diutarakan Oce R, Warga desa Mokobang, Menurut Oce Sejak Tetty Paruntu menjadi Bupati Minsel, perekonomian warga Minsel Khususnya Desa Mokobang meningkat pesat, dimana melalui terobosan yang dilakukan Bupati Tetty Paruntu dalam mengembangkan dan mempromosikan Hasil Kerajinan Masayarakat Mokobang yaitu Rumah Panggung hingga ke mancanegara, sehingga daya jual Rumah Panggung menjadi meningkat, bahkan ada warga Mokobang yang biasanya tidak pernah menginjakan kakinya di ibu Kota Propinsi (Manado) kini sudah menginjakan kakinya sampai ke Luar Negeri hanya karena menjual hasil Rumah Panggung.

“Sejak Ibu Tetty Paruntu Menjadi Bupati Minahasa Selatan, Perekonomian Kami warga Desa Mokobang sudah meningkat dari sebelumnya, hai itu berkat terobosan yang dilakukan Bupati untuk mempromosikan serta mengembangkan usaha Kami yaitu pembuatan Rumah Panggung hingga ke Mancanegara, sehingga banyak pembeli ataupun pemesan yang berasal dari Luar Negeri, sehingga ada warga Mokobang yang awalnya tidak pernah Ke Manado, Sekarang sudah Menginjakan kaki hingga ke Luar Negeri hanya berkat penjualan Rumah panggung” ujar Oce. (Jim)

Baca juga:   Ferdy Pattymahu Resmi Ketua Golkar Pineleng

 

Biodata Bupati Minahasa Selatan

Nama Lengkap             : Christiany Eugenia Tetty Paruntu

Nama Panggilan           : Tetty

Profesi                         : Pengusaha

Tempat Lahir                : Manado, Sulawesi Utara

Tanggal Lahir               : 25 September 1967

Hobby                          : membaca, menonton berita, fitnes, lari maraton, bermain bulu tangkis

Warga Negara             : Indonesia

Nama Ayah                  : Prof. Dr.Ir. Jopie Paruntu, M.S

Nama Ibu                      : Dra. Jenny Y. Tumbuan

Nama Anak                   : Adrian Jopie Dotulong

 

keluarga Paruntu-Tumbuan
keluarga Paruntu-Tumbuan

BIOGRAFI

Christiany Eugenia Paruntu adalah anak dari mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi, Jopie Parutu dan seorang politikus terkenal, Jenny Y. Tumbuan. Tetty, sapaan akrab wanita ini, lahir pada tanggal 25 September 1967 di ibu kota Sulawesi Utara, Manado.

Berasal dari keluarga dengan latar belakang pendidikan tinggi, Tetty Paruntu menempuh pendidikan formal, mulai Sekolah dasar hingga Perguruan tinggi pada banyak sekolah dan institusi yang terkenal bermutu baik. Pendidikan tingkat dasar ditempuh Tetty pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Budi Mulia, Bogor, Jawa Barat. Pada sekitar 1981, keluarga Paruntu pindah ke Inggris karena ayahnya, Jopie Paruntu,  menempuh program Ph.D di sebuah universitas di kota Nottingham.

Kesempatan emas ini dipergunakan Tetty untuk mengenyam pendidikan menengah pada Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington – Notingham, Inggris.

Pasca menyelesaikan studi di sekolah tersebut, wanita yang nantinya dikenal memimpin banyak perusahaan tersebut melanjutkan pendidikan formal di Pitman College pada jurusan Manajemen Bisnis. Di samping itu, Tetty Paruntu juga tercatat pernah menempuh pendidikan formal pada West London College dan mengambil jurusan Sistem Informasi Managemen.

Pada 1990, Tetty Paruntu, bersama keluarganya, kembali ke Indonesia dan melanjutkan pendidikan formal di Institut Pengembangan Sumber Daya Manusia MAYAGITA – LPI.

Baca juga:   Wakili Walikota, Mandagi Hadiri HUT Ke-171 Jemaat GMIM Baitani Matani

Dengan latar belakang pendidikan yang ditempuhnya, wanita peraih penghargaan Best Dressed Woman Indonesia (1992) ini memutuskan untuk berkecimpung dalam 3 bidang karir sekaligus: pengusaha, politisi dan pekerja sosial. Kiprahnya sebagai pengusaha telah terbukti dengan keberhasilannya memimpin beberapa perusahaan seperti PT Puspita Adhiniaga Indonesia, PT Chandra Ekakarya Pratama, PT Trutama Star dan beberapa perusahaan lainnya.

Pada saat yang hampir bersamaan, karir politik wanita penerima penghargaan Lions Club International (2007) ini dimulai dengan bergabung dengan salah satu partai besar di Indonesia, Golongan Karya. Sejak berkiprah dalam partai, Tetty Paruntu pernah menjabat sebagai fungsionaris DPP Partai Golkar dan masih aktif bertindak selaku Wakil Bendahara I Partai Golkar Sulawesi Utara, seiring berjalannya waktu, Tetty dipercayakan Menjadi Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Minahasa Selatan, dan berkat Keberhasilannya Tetty diberikan Tanggung Jawab Yang lebih besar untuk Memimpin DPD I Partai Golkar Sulawesi Utara.

Dalam bidang sosial kemasyarakatan, kiprah Tetty Paruntu juga dikenal luas masyarakat dan tercatat aktif dalam beberapa organisasi masyarakat antara lain Eugenia Ministry, Lions Club Jakarta, KNPI Jakarta Selatan dan masih banyak lagi.

Penghargaan Ibu Pembangunan Desa dari Manado Post (2009) adalah bukti kepedulian dan pengabdian Tetty Paruntun kepada masyarakat di sekitarnya.

KARIR

(1992) Presiden Direktur PT Puspita Adhiniaga Indonesia

(1999-2006) Komisaris PT Trutama Star

(2004-2009)Komisaris PT Chandra Ekakarya Pratama

Direktur PT Partim Indomakmur

(2006-) Presiden Direktur PT Chandra Ekakarya Pratama

(2010-2015) Bupati Minahasa Selatan

(2015-Sekarang) Bupati Minahasa Selatan

PENGHARGAAN

(1992) Best Dressed Woman Indonesia

(2007) Penghargaan dari Lions Club International

(2009) Penghargaan Ibu Pembangunan Desa dari Manado Post

(2012) Penghargaan Citra Tokoh Kartini Indonesia

(2016) Penghargaan The Government award

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed