Pemkot Tomohon Melepas Calon Jamaah Haji Tomohon Tahun 2017

Tomohon||ManadoZone – Pemerintah Kota Tomohon melepas enam jamaah calon Haji yang dilaksanakan di Masjid Al-Mujahidin kelurahan Matani Tiga Kecamatan Tomohon Tengah.

“Penyelenggaraan ibadah haji merupakan perjalanan spiritual yang diperintahkan Allah SWT. Kewajiban tersebut ditujukan bagi umat Islam yang mampu secara fisik dan mental,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Evangeline Sepang SPAK MSi dalam sambutannya.

Evangeline berharap kesempatan itu dimanfaatkan sebaik mungkin karena jumlah umat Islam yang berkeinginan berangkat ke tanah suci lebih besar dari kuota yang ditetapkan.

“Jemaah yang akan berangkat merupakan orang-orang terpilih dan beruntung. Perbanyaklah berdoa di tempat-tempat yang telah ditentukan sebagai tempat maqbulnya doa,” katanya.

Baca juga:   Dilantik ROR, Lynda Deisye Watania Resmi Jabat Sekda Minahasa

Sepang menambahkan jamaah yang berangkat ke tanah suci memenuhi syarat, rukun dan wajib haji serta sunahnya menjadi haji yang maqbul dan pada akhirnya memperoleh haji yang mabrur.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. H.V. Lolowang, M.Sc saat membacakan sambutan Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.AkĀ  mengharapkan agar jamaah calon haji tetap menjaga kesehatan dan menggunakan kesempatan tersebut memenuhi seluruh rangkaian ibadah haji yang diperoleh melalui bimbingan dan manasik.

Ditambahkannya, pelaksanaan bimbingan bagi calon haji dilakukan dengan tahapan-tahapan baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, yang semuanya itu dilaksanakan dengan metode dan materi yang terus menerus disempurnakan sehingga calon jamaah haji dapat mandiri dalam pelaksanaanya melalui bimbingan masal dan bimbingan kelompok.

Baca juga:   Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV di Wale Kabasaran Kota Tomohon Oleh Walikota Eman

“Taatilah aturan-aturan atau ketentuan lainnya yang telah ditetapkan, termasuk jagalah persatuan dan kesatuan di dalam kelompok,” ajaknya.

Karena sering terjadi ada anggota kelompok yang terpisah dari rombongan sehingga mengurangi kekhusukan menjalankan rukun haji.

“Seluruh jamaah calon haji Kota Tomohonadalah cermin masyarakat, karena itu jagalah nama baik selama di tanah air maupun selama di Arab Saudi. Doakanlah agar kota ini tentram, aman dan damai,” ujarnya.

Usai sambutan Sekot Tomohon didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon dan Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, SIK melepas secara resmi ke enam calon jamaah haji disaksikan oleh seluruh jamaah masjid Agung Al-Mujahidin.

Baca juga:   Terduga Pelaku Curanik Milik Gereja di Tondano Selatan Diciduk Tim Resmob Polres Minahasa

Hadir pula dalam acara ini Imam Masjid Agung Al-Mujahidin Bpk. Sutardi, AK, ketua yayasan Al-Mujahidin Tomohon Bpk. Abdul Mahmud, SE.Ak, Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ir. H. Mulyono, Kabag Kesejahteraan rakyat Setda kota Tomohon Drs. Laurensius Kawuwung serta seluruh Jamah Masjid Agung Al-Mujahidin.

 

(Th/Rdk)