by

Rakorev Tomohon, Walikota Eman : Nilai LAKIP Kedepan Harus Lebih Baik

Tomohon|| manadozone.com – Pemerintah kota tomohon, Senin (12/06/2017) Bertempat di rumah dinas Walikota tomohon, melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev).

Rapat ini dipimpin langsung walikota tomohon Jimmy Feidie Eman, dihadiri Wakil walikota Syerly Adelyn Sompotan, Sekdakot Harold Lolowang, para Asisten, Seluruh perangkat daerah, termasuk Camat dan Lurah se Kota Tomohon yang hadir.

Rapat ini, Sekdakot tomohon Harold Lolowang, menjelaskan sesuai informasi dari unsur BPK RI pemberian Opini BPK kepada pemerintah daerah kedepan akan dikaitkan dengan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) setiap pemerintah daerah.

Baca juga:   Cegah Covid 19, Kantor Sekretariat Daerah Bolmong Disemprot Disinfektan

Diketahui,  LAKIP merupakan gambaran kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBD, penyusunan LAKIP berdasarkan siklus anggraan yang berjalan 1 tahun dan manfaat dari LAKIP bisa dijadikan bahan evaluasi terhadap instansi pemerintah yang bersangkutan selama 1 tahun anggaran.

Sementara itu, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, mengatakan capaian prestasi dalam hal pengelolaan keuangan dari BPK RI dengan memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) patut kita syukuri. “Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon patut bersyukur atas raihan ini, capaian ini tentunya tidak lepas  dari kerja keras seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon serta dukungan dari seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon”, ujar Eman.

Baca juga:   Sekot Lolowang Dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Pemerintah Kota Tomohon

“Walau telah  memperoleh WTP tapi tetap saja ada hal yang harus kita benahi untuk terus menjadikan pengelolaan keuangan sesuai yang diharapkan, untuk itu saya berharap kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon untuk terus berupaya melakukan yang terbaik dalam hal pengelolaan keuangan”, ucap Eman.

Terkait dengan pemeriksaan BPK yang akan dikaitkan  dengan LAKIP,Walikota  Eman menegaskan, pemerintah akan selalu siap bahkan nilai evaluasi dari Menpan untuk LAKIP Kota Tomohon tahun 2015 nilainya hanya CC, kedepan kami akan berusaha memperoleh nilai yang lebih baik. Untuk itu capaian ini, tentunya sangat diperlukan peran setiap Perangkat Daerah. Kata Eman.

Baca juga:   Presiden Tunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri

Untuk diketahui Nilai LAKIP Kategori akuntabilitas kinerja di Kota Tomohon tahun 2015 Adalah CC dengan nilai 53.

.(Th/Rdk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.