by

Wawali Sompotan Bekali Pelajar Tentang Pengelolaan Energi Panas Bumi

Tomohon|| manadozone.com – Eenergi panas bumi merupakan salah satu sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kota Tomohon. Akan hal ini dikatakan wakil walikota tomohon Syerly Adelyn Sompotan melalui sosialisasi pengelolaan energi panas bumi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pertamina Geothermal Enerrgy (PGE) bertempat di Gedung Serba Guna Pertamina. Senin (30/05/2017) dihadiri General Manager PGE Area Lahendong Salvius Patangke, dan selaku Narasumber Tondo Wicaksono, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tomohon A Bolang Sh, guru serta para siswa se-kota Tomohon yang hadir.

Dihadapan para peserta, Sompotan menagatkan, pentingnya energi panas bumi serta bagaimana pengelolaannya dan manfaat dari energi panas bumi.

Baca juga:   Waka Polres Hadiri HUT RI ke-74 di Kotamobagu

Sompotan menjelaskan, dengan bertambahnya pengetahuan tentang energi panas bumi, diharapkan agar para siswa mulai tergerak hati dan pikiran untuk memperhatikan potensi energi panas bumi di Indonesia, terutama disekitar tempat tinggal (Tomohon), untuk itu para siswa harus paham tentang panas bumi atau geothermal.

“Kalian harus kenal dan paham tentang panas bumi Indonesia, karena

“Daerah Lahendong dan Kecamatan Tomohon Selatan, terdapat sumber energi panas bumi berkapasitas 80 mw, seperti kita ketahui juga bahwa dalam 7 Program Prioritas Pembangunan Kota Tomohon tahun 2016-2021 salah satunya adalah pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, ini sebuah kesempatan untuk dimanfaatkan untuk banyak hal”. Untuk itu kepada para peserta agar bisa mengenal dan paham tentang panas bumi Indonesia,  ujar Sompotan.

Baca juga:   Tindaklanjut Instruksi Bupati, Pemda Bolmong Gencar Gelar Vaksinasi Massal dan Rapid Tes

Melalui sosialisasi pengelolaan energi panas bumi ini, Sompotan juga berharap kepada para siswa untuk dapat memahami dan berdiskusi dengan para narasumber  kerjasama Fungsi Energi Dinas Tenaga Kerja Tomohon dengan PT Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong selaku pihak yang selama ini mengelola energy panas bumi. Dan harapanya para siswa kelak menjadi seorang ahli geologi, geofisika dan geokimia yang mampu mengelola dan memanfaatkan sumber panas bumi di tempat para siswa tinggal untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

(R/Rdk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed