Dialog Forkopimda Tomohon, Eman : Setiap Kelurahan Akan Dilengkapi CCTV

Tomohon, Manadozone – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tomohon, menggelar dialog bersama para camat, lurah dan perangkat kelurahan, bertempat di aula rumah dinas walikota, Rabu (05/04/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang turut didampingi Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan mengatakan, unsur perangkat kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan. Dan karena itu diharapkan agar tetap terus meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat.

“Pelaksanaan sistem pemerintahan  saat ini akan dibarengi dengan pelaksanaan melalui sistem aplikasi komputer, atau secara elektronik, sehingga para perangkat kelurahan diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Artinya harus terus belajar mengenai pengenalan komputer, karena hal ini akan menunjang kinerja perangkat yang nantinya pengurusan administrasi di kelurahan akan dilakukan melalui aplikasi komputer”, jelas Eman.

Baca juga:   Hadiri Ibadah Pantekosta dan Hari Persatuan PKB, Walikota Senduk Ajak PKB Menjadi Teladan

Selain itu, Eman menambahkan, dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Pemerintah Kota Tomohon sementara melengkapi pembangunan gedung kantor pelayanan publik yang waktu lalu sebagai kantor walikota.

“Dibangunnya kantor pelayanan publik ini diperuntukkan menunjang efektifitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat. Pembangunan ini juga merupakan salah satu dari kelanjutan atau realisasi dari Program EMAS Pemerintah Kota Tomohon yaitu Merubah Wajah Kota diantaranya perubahan dari Kantor Walikota menjadi Kantor Pelayanan Publik” ucap Eman.

Mengenai sarana transpirtasi, dia menjelaskan, pemkot sementara berupaya untuk meningkatkan hal tersebut.

“Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat nantinya kami sementara mempersiapkan beberapa bus untuk menunjang  transportasi para masyarakat untuk menjangkau kantor pelayanan publik, bus akan beroperasi mulai jam 8 pagi sampai jam 2 sore”, tambahnya.

Baca juga:   Kodim 1302/Minahasa Siap Amankan Lebaran dan Idul Fitri 2018

Karena itu, lanjutnya, untuk launching kantor pelayanan publik rencananya akan dilaksanakan pada Agustus tahun ini. Lebih dari itu Eman mengatakan pihaknya melalui instansi terkait akan melengkapi cctv disetiap kelurahan dan ditiap pintu masuk Kota Tomohon sehingga segala aktivitas di kelurahan dan di tiap pintu masuk Kota akan terpantau.

Disinggung pula kaitannya dengan pariwisata, rencananya di kelurahan Rurukan akan dibangun taman bunga wisata.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH MH pada kesempatan tersebut mengharapkan seluruh perangkat dan masyarakat yang ada untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

Baca juga:   Berhasil Diidentifikasi, 6 Korban Kebakaran Tambora Diserahkan ke Keluarga

Senada diungkapkan Kasdim Mayor cpl Franky Kallo mewakili Dandim 1302 Minahasa. Dia berharap para perangkat bersama masyarakat untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kalau ada masalah di lingkungan, dapat berkoordinasi dengan babinsa di kelurahan”, kata Kallo.

Di lain sisi, Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang menjelaskan pentingnya klarifikasi terkait informasi yang tidak benar yang menyebar di masyarakat.

“Kita sebagai masyarakat harus dapat membedakan berita yang benar dan berita palsu, dan hendaknya kita jangan membuat suatu berita yang tidak benar terlebih di medsos yang nantinya meresahkan masyarakat/para pembaca”, ujar Lolowang. (rdk)