by

Pagelaran Festifal Kebudayaan Pesona Minahasa Digelar

Minahasa / manadozone.com –  Pelaksanaan  Even Festival Kebudayaan dalam rangka Pesona Minahasa 2017 dimulai pelaksanaannya diawali dengan Pergelaran Budaya Katombuluan oleh Badan Musyawarah Masyarakat Tombulu (Paheluman Ne Tombulu) yang dirangkaikan dengan Pesta Adat Tulude bagi masyarakat etnis Sangihe dan Talaud yang berada di Kabupaten Minahasa hari ini Selasa (31/01/2017) Bertempat di Desa Poopoh Kecamatan Tombariri.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi menyampaikan hal tersebut di Kantor Disbudpar Minahasa pada Senin 30/1 siang kemarin.

Baca juga:   Walikota Senduk Jajal Puncak Mahawu-Perkebunan Susuripen Sejauh 4.5 KM

Dikatakan Tumundo, kegiatan tersebut merupakan rangkaian yang masuk dalam kalender even Pesona Minahasa yang sementara bergulir pelaksanaannya, setelah sukses digelarnya Festival Benteng Moraya dengan agenda utama Karnaval Bendi Hias mengelilingi kota Tondano pada Minggu 29/1.

Sementara Ketua Panitia Pergelaran Budaya Katombuluan Ir Frans Subhan Torar didampingi Sekretaris Panitia Djefry Sumendap Sajow SH dan Sekretaris Paheluman Ne Tombulu Drs Hein WF Repi bahwa kegiatan ini akan ditandai dengan prosesi pergelaran budaya Katombuluan yang akan dihadiri langsung oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi selaku Kalano Petor Un Tana Minahasa sekaligus sebagai Ketua Umum Badan Musyawarah Masyarakat Tombulu.

Baca juga:   Tes SKD CPNS Bolmong Tahun 2021, Berikut Nama-Nama Lulus Passing Grade

Dikatakan Torar yang juga Kadis Pertanian Pemkab Minahasa ini, setelah prosesi Budaya Katombuluan selesai akan dilanjutkan dengan prosesi perayaan Adat Tulude oleh para tokoh masyarakat adat etnis Sangihe dan Talaud yang berdomisili di Kabupaten Minahasa, serta  menampilkan berbagai atraksi seni budaya Minahasa dan seni budaya Sangihe Talaud.

Untuk itu, Diharapkan Frans Subhan Torar melalui pelaksanaan Even Festival Kebudayaan  Pesona Minahasa 2017 ini para undangan dan masyarakat dapat menghadiri kegiatan ini.

(Rhm/Rdk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed