Seharian Diguyur Hujan, Kota Manado Dilanda Banjir

Manado//Manadozone.com- Dua hari diguyur hujan, banjir kembali mengenangi kota Manado, sejumlah warga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang aman.

Untuk membantu masyarakat, Personel Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan jajaran turun langsung ke beberapa lokasi banjir di Kota Manado, Kamis (26/01/2017), sejak pagi.

Para personel diantaranya Brimob, Polair, Sabhara, Dokkes dan lainnya bersama personel jajaran Polresta Manado, terpantau membantu penanganan musibah tersebut di sejumlah tempat.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Tim SAR Brimob Polda Sulut. Dipimpin Wakasat Brimob, AKBP M. Ridwan, tim beranggotakan 32 personel yang dilengkapi dengan perahu karet dan peralatan pendukung lainnya ini, mengevakuasi warga termasuk barang-barang di wilayah Kecamatan Tuminting dan sekitarnya lalu membawanya ke tempat yang lebih aman.

Baca juga:   HUT Ke-25 GMIM Kuranga, Wawali SAS Mengajak Ciptakan inovasi dan Kreatifitas

Banjir yang menggenangi pemukiman warga ini disebabkan oleh tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kota Manado dan sekitarnya sejak Rabu (25/01) malam hingga Kamis pagi dan meluapnya sejumlah aliran sungai.

Hujan lebat juga mengakibatkan terjadinya tanah longsor di 3 lokasi, Data sementara dari Polresta Manado menunjukkan, banjir terjadi di 7 titik, antara lain di Kelurahan Tuminting Lingkungan VI, Kelurahan Bailang Lingkungan III, IV dan V, Kelurahan Mahawu Lingkungan IV, Kelurahan Taas Lingkungan I, Kelurahan Malendeng Lingkungan VIII, Kelurahan Komo Luar Lingkungan I, II dan III serta Desa Talawaan Atas Kecamatan wori. Ketinggian air di 7 kelurahan tersebut antara 50-150 cm.

Baca juga:   Polres Manado Kejar MS, Pelaku Penikam Lebar Di Malendeng

Sedangkan tanah longsor, terjadi di 3 lokasi yakni di Kelurahan Singkil II Lingkungan II (rumah keluarga Parianto), Kelurahan Dendengan Luar Lingkungan I (rumah keluarga Sangka-Talib) dan di ruas jalan Kecamatan Wori-Kimabajo.

Sebuah tiang listrik di Kelurahan Singkil II Lingkungan I juga dilaporkan roboh dan menutupi badan jalan, namun telah ditangani oleh tim terpadu sehingga arus lalu lintas bisa diakses kembali. Hingga berita ini di-publish Kamis siang, belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Bambang Waskito melalui Kabid Humas, Kombes Pol Ibrahim Tompo, SIK, M.Si., mengapresiasi upaya penanganan yang dilakukan oleh para personel. “Terimakasih kepada seluruh personel yang telah membantu warga korban banjir, “Terus tingkatkan kesiap siagaan, mengingat cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini,” ujarnya.

Baca juga:   Ibadah Pra-Natal Kerukunan Keluarga Kandou Berbagi Kasih

“Warga yang berada di sekitar aliran sungai dan bukit juga diharapkan meningkatkan kewaspadaannya,” imbau Kabid Humas. (Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *