by

Polres Dan Pemkot Bitung Gelar Rakor Khamtibmas

Bitung // manadozone.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung dan jajaran gelar rapat koordinasi (rakor) bersama Polres Bitung, Kamis (12/01/2017), di Balai Pertemuan Kantor Camat Madidir. Rakor membahas tentang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kecamatan Madidir.

Dalam sesi tanya jawab, muncul saran dan masukan dari beberapa peserta antara lain, patroli rutin kepolisian, tindakan tegas pihak kepolisian bagi pelaku keributan, adanya penyuluhan masyarakat dan pertemuan rutin semacam ini, perlunya pos polisi di wilayah Kelurahan Madidir Unet dan Kelurahan Madidir Ure, Seorang peserta juga mengharapkan adanya penambahan sarana penerangan jalan di dua kelurahan tersebut.

Baca juga:   Komplotan Spesialis Pencuri Mini Market Dibekuk Resmob Polsek Maesa

Menanggapi saran dan masukan tersebut, Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting mengatakan, pihak kepolisian akan menindak tegas sesuai aturan atau prosedur yang berlaku terhadap pelaku kerusuhan.

Kapolres berharap, masyarakat bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban. “Tokoh Agama harap berperan aktif memberikan penyuluhan terutama kepada para pemuda melalui kegiatan-kegiatan keagamaan,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menyarankan kepada pihak terkait agar memasang lampu penerangan terutama di daerah-daerah rawan kejahatan. Sedangkan untuk patroli, Kapolres menjelaskan bahwa Polres Bitung telah melaksanakan patroli secara rutin.

“Polres Bitung dan jajaran telah melakukan patroli secara ruitn dan hal ini akan terus ditingkatkan, termasuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah Kota Bitung,” pungkas Kapolres.

Baca juga:   Lomban Siapkan 8 Nama Calon Sekda Kota Bitung

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bitung Jhon C. Hamber, berharap para orang tua selalu memberikan nasehat kepada anaknya agar tidak terlibat dalam perbuatan yang melanggar hukum.

Dalam tanggapannya, Kabag Pemerintahan Pemkot Bitung Stela Mangkey, mengimbau camat, lurah, kepala lingkungan dan Ketua RT untuk selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam setiap kejadian di wilayahnya masing-masing.

Diakhir rakor tersebut, Camat Madidir Rio Karamoy menyimpulkan bahwa pihak Kecamatan Madidir akan memfasilitasi pengadaan penerangan jalan di daerah-daerah rawan tindak kejahatan.

Ditambahkannya, pihak pemerintah kecamatan akan berkoordinasi dengan kepolisian tentang rencana pendirian pos polisi di wilayah Kelurahan Madidir Unet dan Kelurahan Madidir Ure. “Kami juga akan mengaktifkan kembali pos kamling di wilayah Kelurahan Madidir Ure dan Kelurahan Madidir Unet,” pungkas Camat.

Baca juga:   Wawali SAS Lakukan Pengukuhan Kepada 35 Pejabat di Lingkup Pemkot Tomohon

Turut hadir dalam rakor tersebut yakni, Kabid Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Pemkot Bitung Andre Rantung, Kapolsek Maesa Kompol M. Kamidin, Waka Polsek Maesa AKP Arie Najoan, KBO Sat Intelkam Polres Bitung Iptu Destam Dumat, Lurah Madidir Ure Olin Tempo, bersama para Kepala Lingkungan dan Ketua RT se-Kelurahan Madidir Unet dan Kelurahan Madidir Ure, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (Rdk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed