by

Kaki Mathina Legi Patah Akibat Tertimpa Pohon Tumbang

TOMOHON // MANADOZONE – Masyarakat diharpkan berhati-hati jika melewati jalur Manado-Tomohon, pasalnya hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Tomohon dan sekitarnya mengakibatkan telah menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang di Kecamatan Tomohon Utara, Minggu (08/01/2017). Musibah ini sempat membuat jalur utama Manado-Tomohon macet total dan tak bisa dilalui kendaraan akibat tertutupnya badan jalan oleh longsoran tanah dan pohon berukuran besar.

Terdapat tiga titik lokasi pohon tumbang disepanjang jalur utama tersebut yakni, satu titik di Kelurahan Kinilow Lingkungan VII dan dua titik lainnya di Kelurahan Tinoor I Lingkungan IV. Sebuah tiang listrik di Kelurahan Tinoor II juga dilaporkan miring akibat tanah yang menahannya tergerus air.

Baca juga:   Diduga Ada Main Mata, Presidium 13 LSM Sulut Pertanyakan Kinerja Inspektur Tambang Kementrian ESDM

Informasi diperoleh, seorang pengendara sepeda motor bernama Mathina Legi (31), warga Kelurahan Tinoor Lingkungan I, tertimpa pohon hingga kakinya patah dan sepeda motornya rusak. Korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit GMIM Bethesda Tomohon untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kronologis kejadian, korban saat itu sebenarnya sudah mengetahui ada sebuah pohon tumbang dan diingatkan warga lain agar tidak melintas. Namun korban nekad menerobos melalui bagian bawah pohon. Sialnya, usai berhasil menerobos pohon tersebut, ternyata ada pohon lain yang tumbang lalu menimpa kaki dan sepeda motornya.

Baca juga:   Sekot Lolowang Hadiri Diskusi Terbatas Terkait Pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan Timur

Musibah tanah longsor dan pohon tumbang tersebut mendapat perhatian khusus dari Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak, dengan memerintahkan Kasat Lantas AKP Sam Dotulong dan Kapolsek Tomohon Utara AKP Bartholomeus Dambe, untuk mendatangi lokasi kejadian dan melakukan penanganan awal.

Koordinasi pun dilakukan dengan segera menghubungi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Balai Jalan. Sesaat kemudian, BPBD dan Balai Jalan menurunkan alat berat ke lokasi kejadian lalu melakukan penanganan lanjut dibantu polisi dan warga setempat.

Pemotongan pohon yang melintang di jalan dan pembersihan timbunan tanah selesai sekitar pukul 17.30 WITA dan akhirnya arus lalu lintas kembali berjalan normal. “Para pemakai jalan agar selalu waspada dan hati-hati ketika berkendara, terlebih saat turun hujan dan angin kencang,” imbau Kapolres Tomohon (Rdk)

Baca juga:   Polres Tomohon Dalami Dua Kasus Pencurian Diwilayahnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.