by

Pemkot Tomohon Kedepankan Kesetaraan Gender

Tomohon / manadozone – Dalam mengedepankan kesetaraan gender penempatan pejabat yang ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah. Untuk itu Pemerintah kota Tomohon mensinkronkan melalui  era emansipasi wanita saat ini. Untuk itu peran aktif kaum perempuan dalam berbagai bidang sangat menentukan lajunya pembangunan yang bermuara langsung kepada seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya serta bedampak luas bagi peningkatan kesejahteraan umum.

Akan hal ini, Seperti yang dilakukan Pemkot Tomohon melalui  pelantikan pejabat  awal tahun 2017 yang telah dilaksanakan pada tanggal (3/1/17) di Rumah Dinas Walikota Tomohon, dengan menempatkan 12 pejabat perempuan untuk Eselon II, Lima Kabag Perempuan dari Sembilan bagian, tiga camat perempuan dari lima kecamatan serta delapan orang untuk sekretaris dan kabid pada pelantikan tahap pertama ini.

Baca juga:   Walikota Eman Apresiasi Program Lanjutan Kerjasama Bersama TNI

Sebelumnya Kota Tomohon mendapatkan prestasi dan penghargaan dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Desember 2015 dengan partisipasi perempuan mencapai 88,26 %.

Hal ini membuktikan bahwa peran aktif dari seluruh komponen masyarakat dari kaum perempuan di Kota Tomohon, begitu dominan peranannya sehingga berdampak luas juga bagi laju pertumbuhan ekonomi Kota Tomohon.

Begitu juga dengan peran Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan sebagai srikandi yang penuh motivasi dan dedikasi sekaligus pendorong utama dalam menggerakkan dan mempercepat laju pembangunan di Kota Tomohon lewat peran aktif dan partisipasi seluruh perempuan guna mendorong khalayak umum mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan.

Baca juga:   Lakukan Audensi di Kementerian Pertanian RI, Eman Paparkan Terkait Kemitraan Dengan JICA

Wawali Sompotan dalam berbagai kesempatan terus menjalankan peran penting dalam meningkatkan derajat kaum perempuan yang ada di Kota Tomohon melalui beragam kegiatan dan terobosan penting baik melalui organisasi seperti Putri Indonesia, Putri Bunga Tomohon, Purna Paskibraka, organisasi gereja, partai serta organisasi sosial lainnya sampai ke panti-panti asuhan.

Saat ini beberapa dinas strategis yang dikepalai pejabat perempuan diantaranya Asisten Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr Juliana D Karwur MSi MKes, Kadis PU Joice CL Taroreh ST MSi, Kadispar Masna J M Pioh S Sos, dan para camat perempuan serta lurah-lurah perempuan yang ada yang menjadi bagian penting dalam kemajuan pembangunan di Kota Lima Dimensi ini.

Baca juga:   Walikota Lakukan Pencatatan Nikah Keluarga Baru Wuisan Runtu

(RH/Rdk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.