by

Pemkot Tomohon Menggelar Sosialisasi Kebangsaan

MANADOZONE/Tomohon – Penerinrah kota Tomohon melalui Badan Keaatuan Bangsa dan Politik kota Tomohon. Kamis (08/12/2016) menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan dalam upaya peningkaran kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhir budaya bangsa.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkokoh dan memelihara ketahanan bangsa terutama di kota Tomohon dan dilaksanakan di Aula SMA Kristen I Tomohon Kelurahan Talete II Kecama Tomohon dihadiri tokoh-tokoh Masyarakat, Politik serta masyarakat yang hadir di kotaa Tomohon.

Dalam laporannya, Kepala Badan Kesbangpol Drs Paulus Roring  mengatakan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini untuk menumbuhkan dan menyegarkan kembali pemahaman masyarakat Indonesia secara luas tentang nilai-nilai luhur budaya bangsa, guna mengimplementasikan Pancasila, mengembangkan kesadaran ke-Bhineka Tunggal Ika-an dan komitmen tetap tegak dan utuhnya NKRI di tengah suasana dinamika perubahan. Juga untuk membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan di kalangan masyarakat Bangsa Indonesia untuk mendorong terwujudnya kehidupan kebangsaan harmonis yang mampu mendorong percepatan pencapaian tujuan dan cita-cita nasional dalam kerangka NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Baca juga:   Wali Kota Eman Buka Kejuaraan Atletik Siswa Se-Kota Tomohon

 

Sementara itu, Walikota Tomohon Jimmy F Mean SE Ak diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai dari budaya bangsa. Hal yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah generasi muda bangsa. Karena generasi muda masih sangat labil dan mudah terkonstruk oleh nilai-nilai budaya yang bukan merupakan budaya Bangsa Indonesia. Maraknya penggunaan internet oleh kalangan muda perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi seluruh elemen bangsa ini. Pengawasan orang tua didik sangatlah berperan penting dalam menghadapi hal ini. Pembimbingan sejak dini bagi generasi muda juga sangatlah penting demi terciptanya bangsa yang besar yang mau menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsanya.

Baca juga:   Diskusi Kebangsaan "Kemajemukan di Tengah Kebangsaan" Kota Tomohon

 

“Melalui kegiatan ini kita terus meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi segala bentuk gejolak yang akan terjadi, sebagai upaya kita mengantisipasi berbagai potensi kemungkinan terjadinya konflik, baik yang bernuansa sara maupun politik, bahwa kegiatan ini juga adalah sarana untuk membangkitkan semangat nasionalisme, yang dapat dilakukan dengan senantiasa memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dalam kehidupan bermasyarakat, keberhasilan untuk mencapai sasaran yang diharapkan, perlu dukungan yang tidak henti-hentinya dari berbagai pihak yang terkait, yang dilakukan dengan semangat kebersamaan, kesatuan dan didasari atas rasa saling peduli terhadap sesama, terutama Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon” tutup Lumowa.

Baca juga:   Eman : Pelatihan Bela Negara Untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

 

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Tomohon diwakili Kasat Reskrim AKP Frely Sumampow, Dandim 1302 Minahasa diwakili Perwira Penghubung Mayor Infantri Masgen Abas, Kajari Tomohon diwakili Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Windu Sugiarto SH MH dan para tokoh agama, tokoh masyarakat serta siswa-siswi se-Kota Tomohon.

(RH/Rdk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.