Categories
Berita Utama Tomohon

Jelang Pengisian OPD Baru, Walikota Eman Mengingatkan Para ASN Untuk Kerja Optimal

MANADOZONE/Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat bertindak sebagai pembina apel pada pelaksanaan HUT KORPRI ke 45. Senin (5/12/2016 Kemarin) di lapangan kantor walikota Tomohon, dalam sambutannya memberikan arahan secara khusus kepada seluruh Aparatur Sipil Negara yang ada di Kota Tomohon agar dalam pelaksanaan tugas-tugas dan tanggung jawab diakhir tahun anggaran 2016.

 

“Pengelolaan pemerintahan dan administrasi di masing-masing SKPD untuk diselesaikan pada tanggal 31 Desember 2016, semuanya  harus tuntas atau selesai. Nantinya tidak ada lagi  uang persediaan bahkan kertaspun terpakai habis karena akan memulai dengan OPD baru” Kata Eman.

 

Dijelaskan Walikota Eman, hal ini dikarenakan pada tanggal 1 Januari 2017 akan mulai dengan SKPD baru yang semuanya mengalami perubahan serta semua pejabat mulai dari pejabat eselon II, III, IV akan dilantik di penghujung tahun ini. Ujar Eman.

“Dalam  minggu ini, pemkot akan membentuk  Panitia Seleksi Sekretaris Daerah karena Sekda  Tomohon sudah lebih dari  lima tahun menjabat. Begitu juga dengan pembentukan panitia seleksi pejabat eselon II & III pada Minggu depan. Ucap Eman.

Baca juga:   Dies Natalis Ke-57 Fekon Unsrat di Tomohon Melalui Diskusi Panel dan Pengonatan Gratis

 

Sebelumnya kesempatan ini, Walikota Eman bersama Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan memberikan apresiasi sebesar-besarya atas kinerja Aparatur Sipil Negara dalam nenunaikan tugasnya, diantaranya diajukannya APBD Kota Tomohon Tahun 2017 bersama DPRD yang tepat waktu dalam penetapannya dengan anggaran pendapatan mencapai 612.819.942.265 rupiah (612 Miliar, 819 Juta, 942 ribu, 265 Rupiah) dan belanja mencapai angka 667.420.839.043 rupiah { 667 Miliar, 420 Juta, 839 Ribu, 043 Rupiah}.

 

APBD ini akan di konsultasikan di tingkat Provinsi yang nantinya akan digunakan mulai tanggal 1 Januari Tahun 2017 nanti sesuai dengan rencana kerja Pemerintah Kota Tomohon dengan Organisasi Perangkat Daerah yang baru sesuai dengan PP  18 Tahun 2016 tentang perampingan struktur dalam setiap organisasi Pemerintah Daerah guna pelayanan yang optimal.  Beliau mengingatkan bahwa dalam penerapan nomenkaltur yang baru atau OPD baru tentu sangat diharapkan agar jajarannya terus menonjolkan sinergitas, loyalitas dan profesionalitas dalam pencapaian kinerja di akhir tahun ini. Silahkan intropeksi, tunjukkan rasa memiliki,rasa percaya diri dan rasa mencintai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Eman menegaskan bahwa mau tidak mau, suka tidak suka maka semua pejabat dari eselon empat sampai eselon II akan dilantik kembali untuk menduduki jabatan yang baru sesuai OPD yang baru. Kalau nantinya ada pengurangan jabatan karena type SKPD yang sebelumnya type B atau C maka yang jabatannya akan disesuaikan dan nantinya akan ditempatkan pada jabatan fungsional lainnya. Hal ini tidak hanya di Kota Tomohon  tetapi di seluruh Pemerintah daerah. Beliau mengharapkan semua jajaran Pemerintah Kota Tomohon mulai dari tenaga kontrak sampai para kepala  SKPD agar bekerja secara maksimal. Seiring juga dengan pemusatan pelayanan publik yang akan dipusatkan di Kantor Walikota saat ini yang menjadi kantor pelayanan publik dan merupakan gabungan dari kantor-kantor yang melayani masyarakat, dan tahun depan berada dalam satu atap dengan menggunakan pdlayanan elektronik seperti kerjasama dengan KPK, pemerintah Kota Surabaya dan Kota Sidoarjo yang telah menerapkan pemerintahan berbasis teknologi elektronik sehingga dengan mudah dapat memantau segala aktivitas yang ada guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Beliau juga mengatakan Kantor walikota akan pindah ke kantor Keuangan  (DPPKBMD)yang nantinya pindah ke kantor Pol PP yang pindah di depan kantor DPPKBMD yang sementara dalam perampungan. Kantor Walikota saat ini akan juga direnovasi untuk kebutuhan pelayanan yang optimal. Eman juga mengatakan tahun depan untuk sekolah SMA/SMK menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi.Begitu juga untuk terminal yang di bagi dua yakni untuk dalam kota dikelola Dishub Kota dan untuk terminal antar kota/provinsi dikelola pemerintah Probinsi.

Baca juga:   Walikota Eman Sebagai Irup Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Samsat 2018

Pelaksanaan apel ini diikuti oleh seluruh ASN dan pegawai BUMD, serta Kepala-kepala sekolah, serta undangan yang hadir.

 

(RH/Rdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *