Sulut Jadi Tuan Rumah Pertemuan Bilateral Bahas Anti Terorisme Dengan 6 Negara

Manado || manadozone.com – Delegasi Indonesia yang dipimpin Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto menggelar pertemuan bilateral, masing-masing dengan 6 negara, yaitu Indonesia, Australia, Brunai Darussalam, Philipina, Malaysia dan Selandia Baru terkait pembahasan antisipasi terorisme yang terjadi di Filipina Selatan, sabtu (29/7)

” Kita akan melakukan pertemuan intens dengan enam negara,” ujar Menkopolhukam di Four Points by Sheraton Hotel, Manado.

Menurutnya pertemuan bilateral tersebut untuk mendapatkan bahan-bahan penting yang akan dibahas, terkait terorisme yang berkembang di wilayah Marawi Filipina Selatan.

Baca juga:   Mewoh Berharap Masyarakat Mampu Berinovasi Dalam Memanfaatkan Dana Desa Lewat Bumdes

Pada pertemuan tersebut, delegasi Indonesia selain Menkopolhukam juga hadir Kapolri Jenderal Polisi Mohammad Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius, sedangkan delegasi Australia dipimpin oleh Senator The Hon George Brandis, Delegasi New Zealand dipimpin Menteri Luar Negeri Gerry Browniee dan delegasi Filipina dipimpin oleh Gen (Ret) Hermogenes C. Esperon.

“Dengan Philipina kita akan minta penjelasan yang lebih detail mengenai aksi teorisme atau percobaan untuk membangun basis baru ISIS di Philipina Selatan. Sedangkan Australia sebagai co host bersama Indonesia yang merancang pertemuan ini, kita mendata mulai kira-kira yang akan kita angkat apa untuk besok, dan Selandia Baru sebagai negara yang sangat intens, sangat kuat usahanya untuk bergabung melawan terorisme, kita minta masukan-masukan positif untuk pertemuan besok,” jelas Menko.

Baca juga:   Selain Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada, Bupati Bolmong Terima Buku Penanganan Covid-19 dari Mendagri

Intinya menurut Menkopolhukam, pertemuan besok akan dihadiri oleh enam negara dan delegasi sudah siap melaksanakan pertemuan satu hari pagi sampai sore. “Mudah-mudahan pertemuan ini bisa menghasilkan sesuatu yang sangat berharga untuk bersama-sama kita memerangi terorisme di wilayah Asia Tenggara khususnya di Marawi Filipina Selatan.

Konferensi yang bertajuk Sub Regional Cooperation Meeting On Fighting Foreign Terrorism Fights And Cross Order Terrorism ini, akan diikuti oleh enam negara yaitu Indonesia, Australia, Brunai Darussalam, Philipina, Malaysia dan Selandia Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *